Secara
bahasa perkataan kaligrafi merupakan penyederhanaan dari “calligraphy” (kosa
kata bahasa Inggris). Kata ini diadopsi dari bahasa Yunani, yang diambil dari
kata kallos berarti beauty (indah) dan graphein : to write (menulis)
berarti tulisan atau aksara, yang berarti: tulisan yang indah atau seni tulisan
indah. Dalam bahasa Arab kaligrafi disebut khat yang berarti garis.
Secara
istilah dapat diungkapkan, “calligraphy is handwriting as an art, to some
calligraphy will mean formal penmanship, distinguish from writing only by its
exellents quality” (kaligrafi adalah tulisan tangan sebagai karya seni, dalam
beberapa hal yang dimaksud kaligrafi adalah tulisan formal yang indah,
perbedaannya dengan tulisan biasa adalah kualitas keindahannya). Ada juga
ungkapan lain, seperti Hakim al-Rum mengatakan : Kaligrafi adalah geometri
spiritual dan diekspresikan dengan perangkat fisik. Sementara Hakim al-Arab
menuturkan kaligrafi adalah pokok dalam jiwa dan diekspresikan dengan indra indrawi.
Batasan-batasan tersebut seiring pula dengan yang diungkapkan oleh Yaqut
al-Musta’shimi bahwa kaligrafi adalah geometri rohaniah yang dilahirkan dengan
alat-alat jasmaniah. Sementara Ubaidillah ibn Abbas mengistilahkan kaligrafi
dengan lisan al-yadd atau lidahnya tangan. Dan masih banyak lagi
terminologi kaligrafi yang senada dengan yang telah disebutkan. Namun
terminologi kaligrafi yang lebih lengkap diungkapkan oeh Syaikh Syamsuddin
al-Akfani sebagai berikut: kaligrafi adalah suatu ilmu yang memperkenalkan
bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letaknya, dan tata cara merangkainya menjadi
sebuah tulisan yang tersusun atau apa yang ditulis diatas garis-garis,
bagaimana cara menulisnya dan menentukan mana yang tidak perlu ditulis,
menggubah ejaan yang perlu digubah dan menentukan cara bagaimana untuk
menggubahnya
1.
Di Indonesia, kaligrafi merupakan
bentuk seni budaya Islam yang pertama kali ditemukan, bahkan ia menandai
masuknya Islam di Indonesia. Ungkapan rasa ini bukan tanpa alasan karena
berdasarkan hasil penelitian tentang data arkeologi kaligrafi Islam yang
dilakukan oleh Prof. Dr. Hasan Muarif Ambary, kaligrafi gaya Kufi telah
berkembang pada abad ke-11, datanya ditemukan pada batu nisan makam Fatimah
binti Maimun di Gresik (wafat 495 H/1082 M) dan beberapa makam lainnya dari
abad-abad ke-15. Bahkan diakui pula sejak kedatangannya ke Asia Tenggara dan
Nusantara, disamping dipakai untuk penulisan batu nisan pada makam-makam, huruf
Arab tersebut (baca: kaligrafi) memang juga banyak dipakai untuk
tulisan-tulisan materi pelajaran, catatan pribadi, undang-undang, naskah
perjanjian resmi dalam bahasa setempat, dalam mata uang logam, stempel, kepala
surat, dan sebagainya. Huruf Arab yang dipakai dalam bahasa setempat tersebut
diistilahkan dengan huruf Arab Melayu, Arab Jawa atau Arab Pegon.
2.
Pada abad XVIII-XX, kaligrafi
beralih menjadi kegiatan kreasi seniman Indonesia yang diwujudkan dalam aneka
media seperti kayu, kertas, logam, kaca, dan media lain. Termasuk juga untuk
penulisan mushaf-mushaf al-quran tua dengan bahan kertas deluang dan
kertas murni yang diimpor. Kebiasaan menulis al-Qur’an telah banyak dirintis
oleh banyak ulama besar di pesantren-pesantren semenjak akhir abad XVI,
meskipun tidak semua ulama atau santri yang piawai menulis kalgrafi dengan
indah dan benar. Amat sulit mencari seorang khattat yang ditokohkan di
penghujung abad XIX atau awal abad XX, karena tidak ada guru kaligrafi yang
mumpuni dan tersedianya buku-buku pelajaran yang memuat kaidah penulisan
kaligrafi. Buku pelajaran tentang kaligrafi pertama kali baru keluar sekitar
tahun 1961 karangan Muhammad Abdur Razaq Muhili berjudul ‘Tulisan Indah’ serta
karangan Drs. Abdul Karim Husein berjudul ‘Khat, Seni Kaligrafi: Tuntunan
Menulis Halus Huruf Arab’ tahun 1971.
3.
Pelopor angkatan pesantren baru
menunjukkan sosoknya lebih nyata dalam kitab-kiab atau buku-buku agama hasil
goresan tangan mereka yang banyak di tanah air. Para tokoh tersebut antara
lain; K.H. Abdur Razaq Muhili, H. Darami Yunus, H. Salim Bakary, H.M. Salim Fachry
dan K.H. Rofi’I Karim. Angkatan yang menyusul kemudian sampai angkatan generasi
paling muda dapat disebutkan antara lain Muhammad Sadzali (murid Abdur Razaq),
K. Mahfudz dari Ponorogo, Faih Rahmatullah, Rahmat Ali, Faiz Abdur Razaq dan
Muhammad Wasi’ Abdur Razaq, H. Yahya dan Rahmat Arifin dari Malang, D.
Sirojuddin dari Kuningan, M. Nur Aufa Shiddiq dari Kudus, Misbahul Munir dari
Surabaya, Chumaidi Ilyas dari Bantul dan lainnya. D. Sirajuddin AR selanjutnya
aktif menulis buku-buku kaligrafi danmengalihkan kreasinya pada lukisan
kaligrafi.
4.
Dalam perkembangan selanjutnya,
kaligrafi tidak hanya dikembangkan sebatas tulisan indah yang berkaidah, tetapi
juga mulai dikembangkan dalam konteks kesenirupaan atau visual art.
Dalam konteks ini kaligrafi menjadi jalan namun bukan pelarian bagi para
seniman lukis yang ragu untuk menggambar makhluk hidup. Dalam aspek
kesenirupaan, kaligrafi memiliki keunggulan pada faktor fisioplastisnya, pola
geometrisnya, serta lengkungan ritmisnya yang luwes sehingga mudah divariasikan
dan menginspirasi secara terus-menerus.
5.
Kehadiran kaligrafi yang bernuansa
lukis mulai muncul pertama kali sekitar tahun 1979 dalam ruang lingkup nasional
pada pameran Lukisan Kaligrafi Nasional pertama bersamaan dengan
diselenggarakannya MTQ Nasional XI di Semarang, menyusul pameran pada Muktamar
pertama Media Massa Islam se-Dunia than 1980 di Balai Sidang Jakarta dan
Pameran pada MTQ Nasional XII di Banda Aceh tahun 1981, MTQ Nasional di
Yogyakarta tahun 1991, Pameran Kaligrafi Islam di Balai Budaya Jakarta dalam
rangka menyambut Tahun Baru Hijriyah 1405 (1984) dan pameran lainnya.
6.
Para pelukis yang mempelpori
kaligrafi lukis adalah Prof. Ahmad Sadali (Bandung asal Garut), Prof. AD.
Pirous (Bandung, asal Aceh), Drs. H. Amri Yahya (Yogyakarta, asal Palembang),
dan H. Amang Rahman (Surabaya), dilanjutkan oleh angkatan muda seperti Saiful
Adnan, Hatta Hambali, Hendra Buana dan lain-lain. Mereka hadir dengan membawa
pembaharuan bentuk-bentuk huruf dengan dasar-dasar anatomi yang menjauhkannya
dari kaedah-kaedah aslinya, atau menawarkan pola baru dalam tata cara mendesain
huruf-huruf yang berlainan dari pola yang telah dibakukan. Kehadiran seni lukis
kaligrafi tidak urung mendapat berbagai tanggapan dan reaksi, bahkan reaksi itu
seringkali keras dan menjurus pada pernyataan perang. Namun apapun hasil dari
reaksi tersebut, kehadiran seni lukis kaligrafi dianggap para khattat sendiri
membawa banyak hikmah, antara lain menimbulkan kesadaran akan kelemahan para
khattat selama ini, kurang wawasan teknik, kurang mengenal ragam-ragam media
dan terlalu lama terisolasi dari penampilan di muka khalayak. Kekurangan
mencolok para khattat, setelah melihat para pelukis mengolah karya mereka
adalah kelemahan tentang melihat bahasa rupa yang ternyata lebih atau hanya dimiliki
para pelukis.
7.
Perkembangan lain dari kaligrafi di
Indonesia adalah dimasukkan seni ini menjadi salah satu cabang yang dilombakan
dalam even MTQ. Pada awalnya dipicu oleh sayembara kaligrafi pada MTQ Nasional
XII 1981 di Banda Aceh dan MTQ Nasional XIII di Padang 1983. Sayembara tersebut
pada akhirnya dipandang kurang memuaskan karena sistemnya adalah mengirimkan
hasil karya khat langsung kepada panitia MTQ, sedangkan penulisannya di tempat
masing-masing peserta. MTQ Nasional XIV di Pontianak meniadakan sayembara dan
MTQ tahun selanjutnya kaligrafi dilombakan di tempat MTQ.
Posted on January
11, 2009 by hilyatulqalam
Bangsa Arab
diakui sebagai bangsa yang sangat ahli dalam bidang sastra, dengan sederet
nama-nama sastrawan beken pada masanya, namun dalam hal tradisi tulis-menulis
(baca: khat) masih tertinggal jauh bila dibandingkan beberapa bangsa di belahan
dunia lainnya yang telah mencapai tingkat kualitas tulisan yang sangat
prestisius. Sebut saja misalnya bangsa Mesir dengan tulisan Hierogliph,
bangsa India dengan Devanagari, bangsa Jepang dengan aksara Kaminomoji,
bangsa Indian dengan Azteka, bangsa Assiria dengan Fonogram/Tulisan
Paku, dan pelbagai negeri lain sudah terlebih dahulu memiliki jenis
huruf/aksara. Keadaan ini dapat dipahami mengingat Bangsa Arab adalah bangsa
yang hidupnya nomaden (berpindah-pindah) yang tidak mementingkan
keberadaan sebuah tulisan, sehingga tradisi lisan (komuniksai dari mulut
kemulut) lebih mereka sukai, bahkan beberapa diantara mereka tampak anti huruf.
Tulisan baru dikenal pemakaiannya pada masa menjelang kedatangan Islam dengan
ditandai pemajangan al-Mu’alaqat (syair-syair masterpiece
yang ditempel di dinding Ka’bah).
Pembentukan
huruf abjad Arab sehingga menjadi dikenal pada masa-masa awal Islam memakan
waktu berabad-abad. Inskripsi Arab Utara bertarikh 250 M, 328 M dan 512 M
menunjukkan kenyataan tersebut. Dari inskripsi-inskripsi yang ada, dapat
ditelusuri bahwa huruf Arab berasal dari huruf Nabati yaitu huruf orang-orang
Arab Utara yang masih dalam rumpun Smith yang terutama hanya menampilkan
huruf-huruf mati. Dari masyarakat Arab Utara yang mendiami Hirah dan Anbar
tulisan tersebut berkembang pemakaiannya ke wilayah-wilayah selatan Jazirah
Arab.
Perkembangan Kaligrafi
Periode Bani Umayyah (661-750 M)
Beberapa
ragam kaligrafi awalnya dikembangkan berdasarkan nama kota tempat
dikembangkannya tulisan. Dari berbagai karakter tulisan hanya ada tiga gaya
utama yang berhubungan dengan tulisan yang dikenal di Makkah dan Madinah yaitu Mudawwar
(bundar), Mutsallats (segitiga), dan Ti’im (kembar yang
tersusun dari segitiga dan bundar). Dari tiga inipun hanya dua yang diutamakan
yaitu gaya kursif dan mudah ditulis yang disebut gaya Muqawwar berciri
lembut, lentur dan gaya Mabsut berciri kaku dan terdiri
goresan-goresan tebal (rectilinear). Dua gaya inipun menyebabkan timbulnya
pembentukan sejumlah gaya lain lagi diantaranya Mail (miring), Masyq
(membesar) dan Naskh (inskriptif). Gaya Masyq dan Naskh
terus berkembang, sedangkan Mail lambat laun ditinggalkan karena kalah
oleh perkembangan Kufi. Perkembangan Kufi pun melahirkan beberapa
variasi baik pada garis vertikal maupun horizontalnya, baik menyangkut
huruf-huruf maupun hiasan ornamennya. Muncullah gaya Kufi Murabba’
(lurus-lurus), Muwarraq (berdekorasi daun), Mudhaffar
(dianyam), Mutarabith Mu’aqqad (terlilit berkaitan) dan lainnya.
Demikian pula gaya kursif mengalami perkembangan luar biasa bahkan mengalahkan
gaya Kufi, baik dalam hal keragaman gaya baru maupun penggunannya, dalam hal
ini penyalinan al-Qur’an, kitab-kitab agama, surat-menyurat dan lainnya.
Diantara
kaligrafer Bani Umayyah yang termasyhur mengembangkan tulisan kursif adalah Qutbah
al-Muharrir. Ia menemukan empat tulisan yaitu Thumar, Jalil, Nisf, dan
Tsuluts. Keempat tulisan ini saling melengkapi antara satu gaya dengan
gaya lain sehingga menjadi lebih sempurna. Tulisan Thumar yang berciri tegak
lurus ditulis dengan pena besar pada tumar-tumar (lembaran penuh, gulungan
kulit atau kertas) yang tidak terpotong. Tulisan ini digunakan untuk komunikasi
tertulis para khalifah kepada amir-amir dan penulisan dokumen resmi istana.
Sedangkan tulisan Jalil yang berciri miring digunakan oleh masyarakat luas.
Sejarah perkembangan periode
ini tidak begitu banyak terungkap oleh karena khilafah pelanjutnya yaitu Bani
Abbasiyah telah menghancurkan sebagian besar peninggalan-peninggalannya demi
kepentingan politis. Hanya ada beberapa contoh tulisan yang tersisa seperti
prasasti pembangunan Dam yang dibangun Mu’awiyah, tulisan di Qubbah
Ash-Shakhrah, inskripsi tulisan Kufi pada sebuah kolam yang dibangun Khalifah
Hisyam dan lain-lain.
Perkembangan Kaligrafi
Periode Bani Abbasiyah (750-1258 M)
Gaya dan teknik menulis
kaligrafi semakin berkembang terlebih pada periode ini semakin banyak
kaligrafer yang lahir, diantaranya Ad-Dahhak ibn ‘Ajlan yang hidup pada masa
Khalifah Abu Abbas As-Shaffah (750-754 M), dan Ishaq ibn Muhammad pada masa
Khalifah al-Manshur (754-775 M) dan al-Mahdi (775-786 M). Ishaq memberi
kontribusi yang besar bagi pengembangan tulisan Tsuluts dan Tsulutsain dan
mempopulerkan pemakaiannya. Kemudian kaligrafer lain yaitu Abu Yusuf as-Sijzi
yang belajar Jalil kepada Ishaq. Yusuf berhasil menciptakan huruf yang lebih
halus dari sebelumnya.
Adapun kaligrafer periode
Bani Abbasiyah yang tercatat sebagai nama besar adalah Ibnu Muqlah yang pada
masa mudanya belajar kaligrafi kepada Al-Ahwal al-Muharrir. Ibnu Muqlah berjasa
besar bagi pengembangan tulisan kursif karena penemuannya yang spektakuler
tentang rumus-rumus geometrikal pada kaligrafi yang terdiri dari tiga unsur
kesatuan baku dalam pembuatan huruf yang ia tawarkan yaitu : titik, huruf
alif, dan lingkaran. Menurutnya setiap huruf harus dibuat
berdasarkan ketentuan ini dan disebut al-Khat al-Mansub (tulisan yang
berstandar). Ia juga mempelopori pemakaian enam macam tulisan pokok (al-Aqlam
as-Sittah) yaitu Tsuluts, Naskhi, Muhaqqaq, Raihani, Riqa’, dan Tauqi’
yang merupakan tulisan kursif. Tulisan Naskhi dan Tsuluts menjadi populer
dipakai karena usaha Ibnu Muqlah yang akhirnya bisa menggeser dominasi khat Kufi.
Usaha Ibnu Muqlah pun
dilanjutkan oleh murid-muridnya yang terkenal diantaranya Muhammad ibn
As-Simsimani dan Muhammad ibn Asad. Dari dua muridnya ini kemudian lahir
kaligrafer bernama Ibnu Bawwab. Ibnu Bawwab mengembangkan lagi rumus yang sudah
dirintis oleh Ibnu Muqlah yang dikenal dengan Al-Mansub Al-Faiq (huruf
bersandar yang indah). Ia mempunyai perhatian besar terhadap perbaikan khat
Naskhi dan Muhaqqaq secara radikal. Namun karya-karyanya hanya sedikit yang
tersisa hingga sekarang yaitu sebuah al-Qur’an dan fragmen duniawi saja.
Pada masa berikutnya muncul
Yaqut al-Musta’simi yang memperkenalkan metode baru dalam penulisan kaligrafi
secara lebih lembut dan halus lagi terhadap enam gaya pokok yang masyhur itu.
Yaqut adalah kaligrafer besar di masa akhir Daulah Abbasiyah hingga runtuhnya
dinasti ini pada tahun 1258 M karena serbuan tentara Mongol.
Pemakaian kaligrafi pada
masa Daulah Abbasiyah menunjukkan keberagaman yang sangat nyata, jauh bila
dibandingkan dengan masa Umayyah. Para kaligrafer Daulah Abbasiyah sangat
ambisius menggali penemuan-penemuan baru atau mendeformasi corak-corak yang
tengah berkembang. Karya-karya kaligrafi lebih dominan dipakai sebagai ornamen
dan arsitektur oleh Bani Abbasiyah daripada Bani Umayyah yang hanya mendominasi
unsur ornamen floral dan geometrik yang mendapat pengaruh kebudayaan Hellenisme
dan Sasania.
Perkembangan Kaligrafi
Periode Lanjut
Selain di kawasan negeri
Islam bagian timur (al-Masyriq) yang membentang di sebelah timur Libya
termasuk Turki, dikenal juga kawasan bagian barat dari negeri Islam (al-Maghrib)
yang terdiri dari seluruh negeri Arab sebelah barat Mesir, termasuk Andalusia
(Spanyol Islam). Kawasan ini memunculkan bentuk kaligrafi yang berbeda. Gaya
kaligrafi yang berkembang dominan adalah Kufi Maghribi yang berbeda dengan gaya
di Baghdad (Irak). Sistem penulisan yang ditemukan oleh Ibnu Muqlah juga tidak
sepenuhnya diterima, sehingga gaya tulisan kursif yang ada bersifat
konservatif.
Sementara bagi kawasan
Masyriq, setelah kehancuran Daulah Abbasiyah oleh tentara Mongol dibawah Jengis
Khan dan puteranya Hulagu Khan, perkembangan kaligrafi dapat segera bangkit
kembali tidak kurang dari setengah abad. Oleh Ghazan cucu Hulagu Khan yang
telah memeluk agama Islam, tradisi kesenian pun dibangun kembali. Penggantinya
yaitu Uljaytu juga meneruskan usaha Ghazan, ia memberikan dorongan kepada kaum
terpelajar dan seniman untuk berkarya. Seni kaligrafi dan hiasan al-Qur’an pun
mencapai puncaknya. Dinasti ini memiliki beberapa kaligrafer yang dibimbing
Yaqut seperti Ahmad al-Suhrawardi yang menyalin al-Quran dalam gaya Muhaqqaq
tahun 1304, Mubarak Shah al-Qutb, Sayyid Haydar, Mubarak Shah al-Suyufi dan
lain-lain.
Dinasti Il-Khan yang
bertahan sampai akhir abad ke-14 digantikan oleh Dinasti Timuriyah yang
didirikan Timur Leng. Meskipun dikenal sebagai pembinasa besar, namun setelah
ia masuk Islam kaum terpelajar dan seniman mendapat perhatian yang istimewa. Ia
mempunyai perhatian besar terhadap kaligrafi dan memerintahkan penyalinan
al-Qur’an. Hal ini dilanjutkan oleh puteranya Shah Rukh. Diantara ahli
kaligrafi pada masa ini adalah Muhammad al-Tughra’I yang menyalin al-Qur’an
bertarih 1408 daam gaya Muhaqqaq emas. Dan putera Shah Rukh sendiri yang
bernama Ibrahim Sulthan menjadi salah seorang kaligrafer terkemuka.
Dinasti Timuriyah mengalami
kemunduran menjelang abad ke-15 dan segera digantikan oleh Dinasti Safawiyah
yang bertahan di Persia dan Irak sampai tahun 1736. pendirinya Shah Ismail dan
penggantinya Shah Tahmasp mendorong perumusan dan pengembangan gaya kaligrafi
baru yang disebut Ta’liq yang sekarang dikenal khat Farisi. Gaya baru yang
dikembangkan dari Ta’liq adalah Nasta’liq yang mendapat pengaruh dari Naskhi.
Tulisan Nasta’liq ahkirnya menggeser Naskhi dan menjadi tulisan yang biasa
digunakan untuk menyalin sastra Persia.
Di Kawasan India dan
Afganistan berkembang kaligrafi yang lebih bernuansa tradisional. Gaya Behari
muncul di India pada abad ke-14 yang bergaris horisontal tebal memanjang yang
kontras dengan garis vertikalnya yang ramping. Sedangkan di kawasan Cina
memperlihatkan corak yang khas lagi, dipengaruhi tarikan kuas penulisan huruf
Cina yang lazim disebut gaya Shini. Gaya ini mendapat pengaruh dari
tulisan yang berkembang di India dan Afganistan. Tulisan Shini biasa ditorehkan
di keramik dan tembikar.
Dalam perkembangan
selanjutnya, wilayah Arab diperintah oeh Dinasti Utsmaniyah (Ottoman) di Turki.
Perkembangan kaligrafi sejak masa dinasti ini hingga perkembangan terakhirnya
selalu terkait dengan dinasti Utsmaniyah Turki. Perkembangan kaligrafi pada
masa Utsmaniyah ini memperlihatkan gairah yang luar biasa. Kecintaan kaligrafi
tidak hanya pada kalangan terpelajar dan seniman tetapi juga beberapa sultan
bahkan dikenal juga sebagai kaligrafer. Mereka tidak segan-segan untuk merekrut
ahli-ahli dari negeri musuh seperti Persia, maka gaya Farisi pun dikembangkan
oleh dinasti ini. Adapun kaligrafer yang dipandang sebagai kaligrafer besar
pada masa dinasti ini adalah Syaikh Hamdullah al-Amasi yang melahirkan beberapa
murid, salah satunya adalah Hafidz Usman. Perkembangan kaligrafi Turki sejak
awal pemerintahan Utsmaniyah melahirkan sejumlah gaya baru yang luar biasa
indahnya, berpatokan dengan gaya kaligrafi yang dikembangkan di Baghdad jauh
sebelumnya. Yang paling penting adalah Syikastah, Syikastah-amiz, Diwani, dan
Diwani Jali. Syikastah (bentuk patah) adalah gaya yang dikembangkan dari
Ta’liq an Nasta’liq awal. Gaya ini biasanya dipakai untuk keperluan-keperluan
praktis. Gaya Diwani pun pada mulanya adalah penggayaan dari Ta’liq. Tulisan
ini dikembangkan pada akhir abad ke-15 oleh Ibrahim Munif, yang kemudian
disempurnakan oleh Syaikh Hamdullah. Gaya ini benar-benar kursif, dengan garis
yang dominan melengkung dan bersusun-susun. Diwani kemudian dikembangkan lagi
dan melahirkan gaya baru yang lebih monumental disebut Diwani Jali, yang juga
dikenal sebagai Humayuni (kerajaan). Gaya ini sepenuhnya dikembangkan
oleh Hafidz Usman dan para muridnya.