Sejarah
Logo
Logo
sudah dikenal sejak pusat peradaban di Mesir dan Mesopotamia
berkembang. Biasanya, berupa koin atau emblem kerajaan. Penemuan dan
teknik baru pembuatan logo terus berkembang. Mulai segel silinder
(2300SM), koin(600SM), lambing, cap air, emblemperak, dan
pengembangan tehnologi percetakan.
Revolusi
Industri yang telah mengubah masyarakat agraris menjadi masyarakat
industry membawa bayak perubahan dalam teknik fotografi dan
litografi. Fotografi berkaitan dengan seni membuat dan merekayasa
foto, sedangkan litografi adalah metode percetakan pada permukaan
halus menggunakan batu (batu gaping khusus) atau pelat logam.
Perubahan
ini memberikan kontribusi pada industry periklananyang
mengintegrasikan tipografi dan gambar pada satu kesatuan. Yang
dimaksud tifografi dalam hal ini adalah teknik dan seni penyusunan
huruf, desain huruf, serta modifikasi huruf gambar. Secara simultan,
perubahan dalam teknik fotografi dan litografi juga berpengaruh pada
revolusi bentuk dan ekspresi pada tipografi.
Pertumbuhan
dan persaingan industry memaksa setiap perusahaan mencari promosi
yang efektif. Hal ini menyebabkan konsultan dan biro periklanan terus
tumbuh dan menyeluruh. Sejak 1950, modernisasi membuat arah pembuatan
logo sebagai sebuah pergerakan seni yang menjadi senjata bagi
desainer logo.
Perusahaan
pertama
yang
menggunakan
logo untuk tujuan komersial.Bermula
dari mereka mulai
mengapalkan
lilin-lilin produk
mereka
ke kota-kota di
pinggiran sungai Mississippi, sesampainya di pelabuhan pabean akan
memberistempel
pada peti-peti pembungkus produk, stempel yang menggambarkan tanda
bintang.
Perusahaan
ini kemudian
menyadari
bahwa
konsumen akan mengenali tanda
bintang ini sebagai produk Procter & Gamble. Setelah itu mereka
mengolahtanda
bintang ini dan menambahkan tanda bulan sabit, maka simbol ini
semakinmenjadi
simbol dari kualitas, sehingga para pedagang hanya mau menerima
peti-peti yang bergambar bintang.
Jenis
& Tipe Logo
Pada
masa
awal
perkembangannya,
pembagian
jenis
logo
tidaklah serumit
sekarang.
Mula-mula
logo
hanya
berupa
bentuk yang
tak terucapkan
seperti
gambar,
yang
dibuat
oleh perajin
untuk
lambang
kerajaan.
Seiring
denganberkembangnya
jaman, logo tidak hanya digunakan untuk kepentingan kerajaansaja,
melainkan untuk memberi tanda pada barang-barang yang dijual di
pasar. Pembagian
jenis logo secara sederhana terbagi atas dua bagian yaitu
Word
Marks
atau
Brand
Name
yaitu
logo yang tersusun dari bentuk terucapkan, serta
DeviceMarks
atau
Brand
Mark yang
tersusun dari bentuk tak terucapkan. Bisa pula logoterdiri
atas keduanya,
yang
merupakan
kombinasi
dari brand
name
dan brandmark.
Sebagai contoh untuk brandname adalah logo Sony yang hanya tersusun
dari kata
sony, dan Shell logo untuk brand mark yang tersusun dari gambar
kerang.Sedangkan paduan keduanya adalah seperti logo rokok Djarum,
yang terdiri daritulisan
Djarum dan gambar jarum.Kemudian
dengan semakin bertambahnya jumlah produk di pasar, serta
semakinkompleknya
karakteristik pasar muncul berbagai jenis logo, yang pada
dasarnyamerupakan
paduan dari dua jenis logo diatas. Berikut kami sajikan beberapa
jenislogo, yang penggolongannya berdasarkan pendapat John Murphy dan
Michael Rowe.
Adalah
logo yang diambil dari sebuah nama, dengan menggunakan gaya
grafiskhusus. Logo jenis ini memberi ketegasan dan pesan langsung
kepada konsumen. Contoh logo jenis ini seperti pada produk sandang
karya perancang ternama YvesSaint Laurent, produk elektronik Sony,
Toshiba, Panasonic, produk kamera Nikon,Leica, Yashica, peralatan
fotokopi Xerox, dan lain-lain.
Yaitu
logo yang
terdiri
dari
nama perusahaan
atau
produk dengan gayatipografis
yang berkarakter kuat, tersusun atas bentuk-bentuk grafis seperti
oval,lingkaran atau kotak. Sebagai contoh adalah logo Ford, Du Pont,
Hertz dan banyaklagi.
Kelebihan jenis logo ini adalah pada bentuknya yang ringkas dan
fleksibelkarena
jenis logo seperti ini mampu berdiri sendiri.
Yaitu
logo yang
menggunakan
huruf
awal
(inisial)
dari
nama produk
atauperusahaan
dan menjadikannya sebagai elemen utama dari logo tersebut. Logo jenis
ini terkadang menunjukkan gabungan nama pemilik perusahaan seperti
logoprodusen hardware komputer Hewlett-Packard. Selain contoh diatas
banyak contohlain seperti logo Bank BCA, IBM, RCTI, dan lainnya.
Adalah
logo
yang
menggunakan
nama produk atau organisasi sebagaikomponen
penting dari gaya logo, yang secara keseluruhan logo ini memiliki
gayayang sangat khusus. Perusahaan yang menggunakan logo jenis ini,
biasanya adalahperusahaan yang sudah terkenal, seperti Coca Cola,
Kodak, McDonald, Rolls Roycedan lain sebagainya. Karena kuatnya image
perusahaan/produk
yang memakai logoini,
maka bila terjadi peniruan logo tersebut oleh produk atau perusahaan
lain makacitra
yang dihasilkannya tetap mengarah pada produk atau perusahaan yang
ditiru.
Yaitu
logo yang berdiri bebas yang biasanya tidak memuat nama produk
atauperusahaan,
tetapi memiliki asosiasi langsung dengan nama, produk atau
wilayahaktifitasnya.
Sebagai contoh
logo perusahaan
pembuat
pesawat
terbangAerospatiale,
logonya terdiri dari kalimat Aerospatiale yang membentuk bola
planetyang
dengan jelas memperlihatkan
jangkauan aktifitasnya yakni penerbangan, logoperusahaan
minyak Shell yang menunjukkan gambar kerang sebagai asosiasi dari
Komunikasi
Visual.
Yang
dimaksud dengan allusive logo adalah logo yang bersifat kiasan,
sepertilogo Mercedes
Benz yang terdiri dari bentuk bintang segitiga yang
merupakanrepresentasi
dari sistem kemudi mobil, bentuk A pada perusahaan
penerbanganAlitalia
yang dideformasikan
dari bentuk ekor pesawat yang berfungsi
sebagaipenyeimbang.
Logo jenis ini memiliki hubungan yang tidak langsung antara
namadengan
logonya
sehingga
logo
jenis
ini sulit
untuk
dipahami,
dan memerlukanwaktu
lebih
agar
seseorang bisa memahami
apa maksud
dari
logo yangbersangkutan.
Yang
dimaksud
dengan
logo jenis ini adalah logo
yang
dapat
menimbulkanberaneka
kesan, yang dipengaruhi oleh daya pemahaman konsumen. Ini
terjadikarena
bentuk visual logo ini sangat abstrak. Diantaranya mengambil suatu
bentukstruktural
yang dikreasikan
dengan efek optis yang bervariasi.
Sebagai contohadalah
logo Citroen. Logo jenis ini sangat disukai di Amerika, karena logo
jenis inimampu
dibuat dengan bermacam variasi dan sangat orisinil sehingga
terjadinyakemiripan
sebuah logo dengan logo yang lainnya akibat dari banyaknya produk
danperusahaan
yang tumbuh di Amerika bisa dihindari.Bentuk
logo abstrak yang ada di Indonesia adalah seperti logo Bakrie
Brothers.Abstract logo pertama kali digunakan oleh
perusahaan-perusahaan besar Jepang,yang kemudian
perusahaan-perusahaan tersebut mengalami kesuksesan di negarabarat,
sehingga menjadi ide baru bagi perkembangan logo di dunia barat. Logo
jenisini sekarang menjadi standar disain logo kontemporer. Kelemahan
dari jenis logo iniadalah
bentuknya
yang abstrak,
sehingga sukar dipahami
oleh konsumen sertatidak
memiliki pengertian yang benar-benar tepat seperti apa yang
diinginkan.