KOMUNITARIANISME
FILOSOFIS
Para
filsuf komunitarian terutama peduli dengan masalah-masalah ontologis dan
epistemologis, jadi berbeda dengan masalah-masalah kebijakan. Tanggapan
komunitarian terhadap buku John Rawls, A Theory of Justice, mencerminkan
ketidakpuasan terhadap citra yang disajikan oleh Rawls tentang manusia sebagai
individu yang atomistik. Meskipun Rawls memberikan ruang bagi kemurahan hati (benevolence),
ia memandangnya hanya sebagai salah satu dari banyak nilai yang ada di dalam
diri seorang indiv Konservatisme adalah sebuah filsafat politik yang mendukung nilai-nilai
tradisional. Istilah ini berasal dari kata dalam bahasa
Latin, conservÄre, melestarikan; "menjaga, memelihara,
mengamalkan". Karena
berbagai budaya memiliki nilai-nilai yang mapan dan
berbeda-beda, kaum konservatif di berbagai kebudayaan mempunyai tujuan yang
berbeda-beda pula. Sebagian pihak konservatif berusaha melestarikan status quo, sementara yang lainnya berusaha kembali
kepada nilai-nilai dari zaman yang lampau, the status quo ante.
Samuel Francis mendefinisikan konservatisme yang
otentik sebagai “bertahannya dan penguatan orang-orang tertentu dan
ungkapan-ungkapan kebudayaannya yang dilembagakan.”[1]
Roger Scruton menyebutnya sebagai “pelestarian
ekologi sosial” dan “politik penundaan, yang tujuannya adalah mempertahankan,
selama mungkin, keberadaan sebagai kehidupan dan kesehatan dari suatu organisme
sosial.”[2]
K.1 Perkembangan Of Pemikiran
Konservatisme
belum pernah, dan tidak pernah bermaksud menerbitkan risalat-risalat sistematis
seperti Leviathan karya Thomas Hobbes atau Two Treatises of Pemerintah karya Locke.
Akibatnya, apa artinya menjadi seorang konservatif di masa sekarang seringkali
menjadi pokok perdebatan dan topic yang dikaburkan oleh asosiasi dengan
bermacam-macam ideologi atau partai politik (dan yang seringkali berlawanan).
R.J. White pernah mengatakannya demikian:
"Menempatkan
konservatisme di dalam botol dengan sebuah label adalah seperti berusaha
mengubah atmosfer menjadi cair … Kesulitannya muncul dari sifat konservatisme
sendiri. Karena konservatisme lebih merupakan suatu kebiasaan pikiran, cara
merasa, cara hidup, daripada sebuah doktrin politik."[3]
Meskipun
konservatisme adalah suatu pemikiran politik, sejak awal, ia mengandung banyak
alur yang kemudian dapat diberi label konservatif, baru pada Masa Penalaran, dan khususnya reaksi terhadap
peristiwa-peristiwa di sekitar Revolusi
Perancis pada 1789, konservatisme mulai muncul sebagai suatu sikap atau
alur pemikiran yang khas. Banyak orang yang mengusulkan bahwa bangkitnya
kecenderungan konservatif sudah terjadi lebih awal, pada masa-masa awal Reformasi,
khususnya dalam karya-karya teolog Anglikan yang
berpengaruh, Richard Hooker – yang menekankan
pengurangan dalam politik demi menciptakan keseimbangan kepentingan-kepentingan
menuju keharmonisan sosial dan kebaikan bersama. Namun baru ketika polemic
Edmund Burke muncul - Reflections on the Revolution
in France - konservatisme memperoleh penyaluran pandangan-pandangannya
yang paling berpengaruh.
Negarawan
Inggris-Irlandia Edmund Burke, yang dengan gigih mengajukan argumen
menentang Revolusi Perancis, juga bersimpati dengan
sebagian dari tujuan-tujuan Revolusi
Amerika. Tradisi konservatif klasik ini seringkali menekankan bahwa
konservatisme tidak mempunyai ideologi, dalam pengertian program utopis, dengan
suatu bentuk rancangan umum. Burke mengembangkan gagasan-gagasan ini sebagai
reaksi terhadap gagasan 'tercerahkan' tentang suatu masyarakat yang dipimpin
oleh nalar yang abstrak. Meskipun ia tidak menggunakan istilah ini, ia mengantisipasi
kritik terhadap modernisme, sebuah istilah yang pertama-tama digunakan
pada akhir abad ke-19 oleh tokoh konservatif keagamaan Belanda Abraham Kuyper. Burke merasa terganggu oleh Pencerahan, dan sebaliknya menganjurkan nilai
tradisi.
Meskipun
secara nominal Konservatif, Disraeli bersimpati dengan beberapa tuntutan dari
kaum Chartis dan membela aliansi antara kaum bangsawan yang bertanah
dengan kelas pekerjaan dalam menghadapi kekuatan kelas menengah yang meningkat.
Ia membantu pembentukan kelompok Inggris Muda pada 1842 untuk mempromosikan pandangan
bahwa yang kaya harus menggunakan kekuasaan mereka untuk melindungi yang miskin
dari eksploitasi oleh kelas menengah. Perubahan Partai Konservatif menjadi
suatu organisasi massa
modern dipercepat oleh konsep tentang "Demokrasi Tory " yang
dihubungkan dengan Lord Randolph Churchill.
Sebuah
koalisi Liberal-Konservatif pada masa Perang
Dunia I berbarengan dengan bangkitnya Partai Buruh, mempercepat runtuhnya kaum
Liberal pada 1920-an. Setelah Perang
Dunia II, Partai Konservatif membuat konsesi-konsesi bagi
kebijakan-kebijakan sosialis kaum Kiri. Kompromi ini adalah suatu langkah
pragmatis untuk memperoleh kembali kekuasaan, tetapi juga sebagai akibat dari
sukses-sukses awal dari perencanaan sentral dan kepemilikan negara yang
menciptakan suatu consensus lintas-partai. Hal ini dikenal sebagai
'Butskellisme', setelah kebijakan-kebijakan Keynesian yang hampir identik dari Rab Butler atas nama kaum Konservatif, dan Hugh Gaitskell untuk Partai Buruh.
Warisan
Thatcher bersifat campuran. Sebagian komentator menyatakan bahwa ia
menghancurkan konsensus tradisional dan filosofi Partai, dan, dengan melakukan
hal itu, menicptakan suatu situasi di mana public tidak benar-benar tahu
nilai-nilai apa yang dipegang oleh Partai. Kini Partai Konservatif sibuk
mencoba mencari jati dirinya kembali.
K.2 Eropa
Di
bagian-bagian lain dari Eropa, konservatisme arus utama seringkali diwakili
oleh partai-partai Kristen Demokrat. Mereka membentuk faksi besar Partai Rakyat Eropa di Parlemen
Eropa. Asal-usul partai-partai ini umumnya adalah partai-partai Katolik
dari akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, dan ajaran sosial Katolik seringkali menjadi
inspirasi awal mereka. Setelah bertahun-tahun, konservatisme pelan-pelan
menjadi inspirasi ideologis utama mereka, dan mereka umumnya menjadi kurang
Katolik. CDU, partai saudaranya di Bavaria Uni Sosial Kristen (CSU), dan Imbauan Kristen Demokrat (CDA) di Belanda
adalah partai-partai Protestan-Katolik.
Di negara-negara Nordik, konservatisme diwakili dalam
partai-partai konservatif liberal seperti Partai Moderat di Swedia dan Partai Rakyat Konservatif di Denmark.
Secara domestik, partai-partai ini umumnya mendukung kebijakan-kebijakan yang
berorientasi pasar, dan biasanya memperoleh dukungan dari komunitas bisnis
serta kaum profesional kerah putih. Secara internasional, mereka umumnya
mendukung Uni
Eropa dan pertahanan yang kuat. Pandangan-pandangan mereka tentang
masalah-masalah sosial cenderung lebih liberal daripada, misalnya, Partai
Republik Amerika Serikat. Konservatisme sosial di negara-negara Nordik
seringkali ditemukan dalam partai-partai Kristen Demokrat mereka. Di beberapa negara
Nordik, partai-partai populis sayap kanan telah memperoleh dukungan sejak
1970-an. Politik mereka telah dipusatkan pada pemotongan pajak, pengurangan
imigrasi, dan undang-undang yang lebih keras dan kebijakan-kebijakan
ketertiban.
Pada
umumnya, orang dapat mengkclaim bahwa kaum konservatif Eropa cenderung untuk
lebih moderat dalam berbagai isu sosial dan ekonomi, daripada konservatif
Amerika. Mereka cenderung cukup bersahabat dengan tujuan-tujuan negara
kesejahteraan, meskipun mereka juga prihatin dengan lingkungan bisnis yang
sehat. Namun demikian, beberapa kelompok cenderung lebih mendukung
agenda-agenda libertarian atau laissez-faire yang lebih konservaitf, khususnya
di bawah pengaruh Thatcherisme. Kelompok-kelompok konservatif Eropa sering
memandang diri mereka sebagai pengawal-pengawal prudence, moderasi,
pengalaman-pengalaman histories yang sudah teruji, dibandingkan dengan
radikalisme dan eksperimen-eksperimen sosial. Persetujuan dari budaya tinggi dan lembaga-lembaga politik yang mapan
seperti monarki ditemukan dalam konservatisme Eropa. Kelompok-kelompok
konservatif arus utama seringkali adalah pendukung-pendukung gigih Uni Eropa.
Namun demikian, orang juga dapat menemukan pula unsur-unsur nasionalisme di
banyak negara.
K.3 Tiongkok
Di
Tiongkok konservatisme didasarkan pada ajaran-ajaran Kong Hu Cu.
Kong Hu Cu yang hidup pada masa kekacauan dan peperangan antara berbagai
kerajaan, banyak menulis tentang pentingnya keluarga, kestabilan sosial, dan
ketaatan terhadap kekuasaan yang adil. Gagasan-gagasannya terus menyebar di
masyarakat Tiongkok. Konservatisme Tiongkok yang tradisional yang diwarnai oleh
pemikiran Kong Hu Cu telah muncul kembali pada tahun-tahun belakangan ini,
meskipun selama lebih dari setengah abad ditekan oleh pemerintahan
Marxis-Leninis yang otoriter.
Setelah
kematian Mao pada 1976, tiga faksi berebutan untuk menggantikannya: kaum Maois garis
keras, yang ingin melanjutkan mobilisasi revolusioner; kaum restorasionis, yang
menginginkan Tiongkok kembali ke model komunisme Soviet; dan para
pembaharu, yang dipimpin oleh Deng
Xiaoping, yang berharap untuk mengurangi peranan ideology dalam
pemerintahan dan merombak ekonomi Tiongkok.
Nilai-nilai Tiongkok yang
tradisional telah muncul dengan cukup kuat, meskipun lama ditekan oleh rezim
komunis yang revolusioner. Saat ini, Partai Komunis Tiongkok dikelola oleh para teknokrat, yang mengusahakan stabilitas dan kemajuan
ekonomi, sementara menindas kebebasan berbicara dan agama. Partai dilihat oleh
sebagian orang sebagai penerima Mandat Surgawi, sebuah gagasan Tiongkok tradisional.
Partai Komunis menjinakkan dirinya sendiri dan tidak lagi secara konsisten
menganjurkan teori Marxis yang revolusioner, dan sebaliknya berpegang pada
fleksibilitas ideologist teologi yang konsisten dengan ucapan Deng
Xiaoping, yakni mencari kebenaran di antara fakta.
Cinta
tanah air dan kebanggaan nasional telah muncul kembali seperti halnya pula
tradisionalisme. Nasionalisme Tiongkok cenderung mengagung-agungkan negara
Tiongkok yang sangat tersentralisasi dan kuat. Pemerintah berusaha untuk
memenangkan dan mempertahankan kesetiaan warga negaranya serta orang-orang
Tiongkok yang baru-baru ini pindah ke luar negeri. Sebuah buku laris baru-baru
ini China Can Say No mengungkapkan sebuah
sentiment yang mendukung sebuah cara Tiongkok yang unik yang, dengan terus
terang, tidak perlu melibatkan norma-norma Amerika, seperti individualisme dan
liberalisme Barat. Selain itu, nasionalisme Tiongkok masih mungkin akan berkembang,
karena generasi para pemimpin Tiongkok akan
bertumbuh dalam lingkungan yang dipenuh dengan semangat nasionalisme.
Sejak
1990-an, telah muncul gerakan neo-konservatif di Tiongkok (tidak ada kaitannya
dengan gerakan neo-konservatif di AS).