ANTIGLOBALISASI
Antiglobalisasi
adalah suatu istilah yang umum digunakan untuk memaparkan sikap politis
orang-orang dan kelompok yang menentang perjanjian
dagang global dan lembaga-lembaga yang mengatur perdagangan antar negara
seperti Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).
"Antiglobalisasi"
dianggap oleh sebagian orang sebagai gerakan sosial, sementara yang lainnya menganggapnya
sebagai istilah umum yang mencakup sejumlah gerakan sosial yang berbeda-beda.
Apapun juga maksudnya, para peserta dipersatukan dalam perlawanan terhadap
ekonomi dan sistem perdagangan global saat ini, yang menurut mereka mengikis lingkungan
hidup, hak-hak buruh, kedaulatan nasional, dunia ketiga, dan banyak lagi penyebab-penyebab
lainnya.
F.1 Ideologi Dan
Tema Perjuangan Dalam Gerakan Ini
Banyak
dari para penentang antiglobalisasi ini adalah veteran dalam kampanye-kampanye
dengan tema tunggal, termasuk aktivis anti penebangan
liar, upah yang layak, mengorganisasi serikat buruh, dan kampanye anti-pabrik garmen biaya rendah. Meskipun
kebanyakan anggota gerakan menganggap kebanyakan atau semua tujuan yang disebut
di atas saling melengkapi yang lainnya, sejumlah masalah (dan kadang-kadang
masalah yang kontradiktif) telah membangkitkan kritik bahwa gerakan ini tidak
memiliki tema perjuangan yang konsisten, utuh, atau realistik.
Meskipun
para pendukung gerakan ini sering bekerja bersama-sama, gerakan itu sendiri heterogen. Ia mencakup pemahaman yang berbeda-beda dan
kadang-kadang malah saling berlawanan tentang proses globalisas, dan memadukan
visi-visi, strategi, dan taktik alternatif. Banyak dari kelompok dan organisasi
ini yang dianggap sebagaib agian dari gerakan ini tidak dibentuk sebagai
antiglobalis, tetapi mempunyai akar dalam berbagai gerakan-gerakan sosial dan
politk yang telah ada sebelumnya (kecuali mungkin ATTAC). Pendahulu gerakan antiglobalisasi ini adalah gerakan 1968 di Eropa dan protes melawan Perang
Vietnam di Amerika Serikat. Gerakan antiglobalisasi seperti
yang dikenal sekarang berasal dari bertemunya berbagai pengalaman politik ini
ketika para anggotanya mulai melakukan unjuk rasa bersama pada
pertemuan-pertemuan internasional seperti pertemuan WTO 1999 di Seattle atau Pertemuan Puncak Genoa
G/8
F.2 Oposisi
Terhadap Lembaga Keuangan Internasional Dan Perusahaan Transnasional
Pada
umumnya, para pengunjuk rasa percaya bahwa lembaga-lembaga keuangan
internasional dan perjanjian-perjanjian internasional merusakkan metode-metode
pengambilan keputusan lokal. Banyak pemerintah dan lembaga-lembaga perdagangan
bebas yang dilihat bertindak untuk kebaikan perusahaan-perusahaan transnasional
(atau multinasional) (misalnya Microsoft dan Monsanto). Perusahaan-perusahaan ini dianggap mempunyai
hak-hak istimewa yang tidak dimiliki oleh kebanyakan manusia: bergerak bebas melintasi
perbatasan, menggali sumber-sumber alam yang diingini, dan
memanfaatkan keanekaragaman sumber-sumber manusia. Mereka dianggap mampu
bergerak terus setelah melakukan kerusakan yang permanen terhadap modal alam dan keanekaragaman hayati suatu negara, dalam
cara yang tidak mungkin dilakukan oleh warganegara di tempat itu. Para aktivis
juga mengklaim bahwa perusahaan-perusahaan itu memaksakan suatu
"monokultur global". Karenanya, tujuan bersama dari sebagian gerakan
itu adalah mengakhiri status hukum perusahaan-perusahaan itu sebagai subyek hukum dan pembubaran atau pembaruan dramatis
atas Bank
Dunia, IMF, dan WTO.
Terkadang
ada juga argumentasi bahwa AS mempunyai keuntungan khusus dalam ekonomi global
karena hegemoni dolar. Klaim ini menyatakan bahwa dominasi
dolar bukanlah semata-mata konsekuensi dari keunggulan ekonomi AS. Sejarahwan
globalisasi mengakui bahwa dominasi dolar juga didapat melalui kesepakatan
politis seperti Bretton Woods System dan pedagangan minyak OPEC hanya dalam dolar,
setelah AS meninggalkan standar emas dan menggantikannya dengan dollar.
F.3 Antiglobalisasi sebagai Antineoliberalisme
Banyak
pihak melihat gerakan ini sebagai tanggapan kritis terhadap pengembangan neoliberalisme,
yang secara luas dianggap telah dimulai oleh kebijakan Margaret
Thatcher dan Ronald Reagan menuju kapitalisme laissez faire pada tingkat
global dengan mengembangkan privatisasi ekonomi negara-negara dan melemahkan peraturan
perdagangan dan bisnis. Para penganjur neoliberal berpendapat bahwa peningkatan
perdagangan
bebas dan pengurangan sektor publik akan membawa manfaat bagi negara-negara
miskin dan kepada orang-orang yang miskin di negara-negara kaya. Kebanyakan
pendukung antiglobalisasi sangat tidak sependapat, dan menambahkan bahwa
kebijakan neoliberal dapat menyebabkan hilangnya kedaulatan lembaga-lembaga
demokratis.
F.4 Pengembangan "Antiperang"
Pada
2003, banyak bagian dari gerakan ini yang menunjukkan perlawanan luas terhadap perang Irak 2003. Banyak dari mereka
bergabung dengan sekitar 10 juta atau lebih pengunjuk rasa dalam protes global
anti perang Irak pada akhir pekan tanggal 15 Februari.
Sebuah editorial New York Times menyebutnya sebagai "adikuasa kedua dunia". Pertemuan pencinta damai
lainnya telah diorganisir gerakan antiglobalisasi
dalam cara yang sama. Misalnya demonstrasi besar anti perang Irak yang terjadi
di Forum Sosial Eropa pada November 2002 di
Florence, Italia.
Kaum
militan anti-globalisasi kuatir akan berfungsinya lemaga-lembaga demokratis
sebagaimana mestinya, ketika para pemimpin dari banyak negara-negara demokratis
(Spanyol, Italia, Polandia)
bertindak melawan keinginan mayoritas rakyat mereka dengan mendukung
peperangan. Noam Chomsky memaparkan bahwa para pemimpin ini
"menghina demokrasi". Para pengkritik argumentasi seperti ini
cenderung menunjuk bahwa ini adalah kritik yang lazim dalam demokrasi perwakilan — suatu pemerintahan yang
terpilih tidak akan selalu bertindak searah dengan pendukung publik terbesar —
dan karena itu, posisi para pemimpin itu tidak berarti tidak konsisten, karena
memang negara-negara ini menganut sistem demokrasi parlementer.
Dalam
pandangan banyak orang di dalam gerakan ini, isu-isu ekonomi erat terkait
dengan isu-isu militer.
F.5 Ketepatan Istilah
Banyak
pihak mempertimbangkan istilah "antiglobalisasi" tidak tepat, dan
istilah itu telah digunakan untuk kritik yang tidak akurat bagi gerakan ini. Misalnya,
mereka mengatakan istilah ini menyiratkan suatu perspektif negatif bahwa
gerakan ini hanya membela proteksionisme atau bahkan nasionalisme.
Kenyataannya, demikian kata mereka, gerakan ini sesungguhnya secara sadar
bersifat internasionalis, mengorganisir serentak dan memihak orang-orang
tertindas di seluruh dunia. Satu unsur yang ikut membentuk gerakan ini adalah Jaringan Tanpa Perbatasan, yang berjuang
untuk migrasi yang tidak terbatas dan penghapusan semua perbatasan nasional.
Sementara
istilah "antiglobalisasi" muncul dari perlawanan gerakan ini terhadap
perjanjian-perjanjian pasar bebas (yang sering dianggap sebagai bagian dari
apa yang disebut "globalisasi"), banyak peserta yang berpendapat bahwa
mereka menentang hanya aspek-aspek tertentu saja dari globalisasi dan
sebaliknya menyebut diri mereka sebagai "anti-kapitalis",
"antiplutokrasi", atau "antikorporasi".
Dua
pendekatan utama untuk mendapatkan sebuah istilah umum bagi gerakan ini dapat
dibedakan menjadi: gerakan yang dapat digambarkan sebagai antiglobalis
atau regionalis, atau gerakan yang memeluk beberapa aspek
globalisasi (seperti pertukaran informasi antar budaya atau pengurangan peran negara
kebangsaan) sementara menolak yang lainnya (misalnya ekonomi neoliberal).
Sementara
pendukung kedua pendekatan itu sering beerja sama dan menjadi sebuah reaksi
terhadap fenomena yang sama, perbedaan mereka bisa jadi lebih besar dari
landasan bersama mereka. Pendekatan gerakan yang pertama dapat digambarkan
sebagai antiglobalis total (pada umumnya termasuk apa yang dianggap sebagai
"Amerikanisasi" kebudayaan), sementara pendekatan yang kedua lebih
tepat disebut "kritikus globalisasi". Namun pada prakteknya, tidak
ada batasan yang jelas antara kedua pendekatan ini, dan istilah "anti
globalisasi" sering digunakan tanpa peduli terhadap perbedaan-perbedaan
dari keduanya.
Keprihatinan
lain dari sejumlah aktivis tentang istilah "antiglobalisasi" adalah
bahwa istilah itu tidak membedakan posisi mereka dari perlawanan yang bersifat
nasionalis semata-mata terhadap globalisasi. Banyak gerakan nasionalis
seperti Front Nasional Perancis yang juga menentang
globalisasi, tapi berpendapat bahwa alternatif bagi globalisasi adalah
perlindungan terhadap negara kebangsaan, kadang-kadang dengan
pengertian-pengertian yang jelas-jelas rasis atau fasis. Beberapa
kelompok fasis yang dipengaruhi oleh Posisi Ketiga telah berusaha menyesuaikan pesan
mereka agar memikat gerakan antiglobalisasi. Namun gerakan ekstrem kanan ini
ditolak mentah-mentah oleh gerakan antiglobalisasi, ditandai dengan Peoples Global Action yang dengan tegas
menolak rasisme,
dan banyak di dalam gerakan yang juga aktif dalam kelompok anti-fasis seperti
ANTIFA.
F.6 Pengaruh Gerakan Antiglobalisasi
Beberapa
tulisan kritis yang berpengaruh telah mengilhami gerakan antiglobalisasi. No Logo, buku karangan wartawan Kanada, Naomi Klein, yang mengkritik praktek produksi
perusahaan-perusahaan multinasional dan kehadiran pemasarannya yang didorong
oleh merek dimana-mana dalam budaya populer, telah menjadi sebuah
"manifesto" dari gerakan ini, menyajikan dalam cara yang sederhana
tema-tema yang dengan lebih akurat telah dikembangkan dalam tulisan-tulisan
yang lain. Di India, beberapa acuan intelektual dari gerakan ini dapat
ditemukan pada tulisan-tulisan Vandhana Shiva, seorang ahli lingkungan hidup
dan feminis, yang dalam bukunya Biopiracy mendokumentasikan bagaimana kapital alam masyarakat pribumi dan ecoregion telah diubah ke dalam bentuk-bentuk kapital intelektual, yang kemudian diakui
sebagai properti komersial tanpa membagikan manfaat pribadi yang telah
diperolehnya dengan asalnya.
Walaupun
mereka mungkin tidak menyebut diri mereka sebagai antiglobalis dan kenyataannya
adalah pro-kapitalisme, beberapa ekonom yang tidak sepakat dengan pendekatan
neoliberal terhadap lembaga-lembaga ekonomi internasional sudah sangat
mempengaruhi gerakan ini. Development as Freedom karangan Amartya Sen
(pemenang penghargaan Nobel dalam Ilmu Ekonomi) berpendapat bahwa pembangunan
negara dunia ketiga harus dipahami sebagai perluasan kemampuan manusia, bukan
semata-mata sebagai peningkatan pendapatan perkapita nasional, dan oleh sebab
itu memerlukan kebijakan-kebijakan yang juga mempertimbangkan kesehatan dan
pendidikan, tidak hanya PDB. Usul penerima Penghargaan Nobel dalam Ilmu
Ekonomi, James Tobin, untuk mengenakan pajak terhadap transaksi
finansial (kemudian dikenal dengan Pajak Tobin) telah menjadi bagian dari agenda gerakan.
George Soros, Joseph E. Stiglitz (peraih Nobel lainnya, pernah
menjabat di Bank Dunia, penulis Globalization and Its Discontents)
dan David Korten telah membuat argumen untuk meningkatkan
transparansi secara drastis, untuk penghapusan utang, reformasi agraria, dan
restrukturisasi sistem pertanggung jawaban perusahaan. Sumbangan Korten dan
Stiglitz terhadap gerakan ini termasuk ikut serta dalam aksi langsung dan
protes jalanan.
Beberapa
negara Katolik Roma seperti Italia dirasakan pula pengaruh peranan agama,
terutama dari para misionaris yang lama tinggal di Dunia
Ketiga (yang paling terkenal adalah Alex Zanotelli). Pertemuan antara tradisi ini dan
tradisi pasca-komunis sering dirasa aneh, tetapi tidak sepenuhnya berselisih.
Sumber
internet dan situs web yang memberikan informasi bebas, seperti Indymedia,
adalah sarana penyebaran gagasan bagi gerakan ini. Kumpulan materi-materi yang
luas tentang gerakan spiritual, anarkisme, sosialisme libertarian, dan Gerakan Hijau yang sekarang tersedia di internet
mungkin lebih berpengaruh daripada buku cetakan. Tulisan-tulisan Arundhati
Roy, Starhawk, dan John Zerzan, khususnya, yang mulanya tidak dikenal,
telah mengilhami kritik yang membela feminisme, proses konsensus dan pemisahan diri politik.
F.7 Organisasi
Walaupun
tahun-tahun sebelumnya penekanan lebih telah diberikan untuk alternatif
kontruksi akar rumput bagi globalisasi (kapitalis),
gerakan ini semakin besar dan terbuka dalam mengorganisir massa pendukung
dengan kampanye luas untuk aksi-aksi langsung dan pembangkangan sipil. Model
pengorganisiran seperti ini, terkadang dibawah jaringan Peoples' Global Action, berusaha menyatukan
berbagai kasus berbeda untuk bergabung bersama dalam satu perjuangan global.
Dalam
beberapa hal, proses pengorganisiran dapat menjadi lebih penting bagi para
aktivis, dibandingkan dengan gol atau pencapaian bagi komponen-komponen dalam
gerakan.
Pada
pertemuan-pertemuan korporasi, tujuan yang dinyatakan oleh kebanyakan
demonstran adalah untuk menghentikan cara-cara bekerja korporasi. Walaupun
demonstrasi jarang sekali berhasil lebih dari menunda atau mengganggu
pertemuan-pertemuan itu, hal ini memotivasi mobilisasi dan memberikan mereka
sebuah pandangan tujuan jangka pendek. Walau tidak didukung oleh banyak pihak
di gerakan, bentrokan tetap terjadi di Genoa, Seattle, dan London dan kerusakan
yang besar dapat terjadi di wilayah tersebut, terutama target
"kapitalis" seperti restoran McDonalds.
Karena
tidak adanya badan resmi yang mengkoordinir, justru gerakan ini berhasil
melaksanakan protes-protes besar dalam sebuah basis global, menggunakan
teknologi informasi untuk menyebarkan informasi dan mengatur gerakan. Pengunjuk
rasa mengatur diri mereka sendiri dalam "kelompok kecil" (affinity
groups), dengan ciri khas sebagai kelompok-kelompok tanpa hirarki dengan
orang-orang dekat dan berbagi suatu tujuan politis umum. Kelompok-kelompok
kecil ini kemudian akan mengirimkan wakilnya ke pertemuan perencanaan.
Bagaimanapun juga, karena kelompok-kelompok kecil ini masik dapat disusupi
aparat intelijen, rencana yang penting dari aksi protes sering tidak dibuat
sampai menit terakhir. Salah satu taktik yang umum digunakan dalam aksi protes
adalah memecah dengan kesadaran untuk melawan hukum. Ini dirancang, dengan
berbagai keberhasilan, untuk melindungi resiko secara fisik dan ancaman hukum
akibat konfrontasi dengan aparat.
Sebagai
contoh, di Praha
sepanjang protes anti IMF dan World Bank
pada September 2000, pengunjuk rasa memecah menjadi tiga kelompok yang
terpisah, mendekata pusat konferensi dari tiga penjuru: satu dengan berbagai
bentuk pembangkangan sipil (pawai gerakan Kuning), satu (pawai gerakan
Pink/Silver) dengan "tactical frivolity" (kostum, tarian,
teater, musik, dan seni) dan satu lagi (gerakan Biru) tergabung dalam konflik
kekerasan dengan polisi yang dipersenjatai, dimana pengunjuk rasa melemparkan
batu-batu kerikil yang didapat dari jalanan. [1]
Demonstrasi-demonstrasi
ini tumbuh menjadi sebuah masyarakat kecil. Banyak pengunjuk rasa mengambil
pelatihan pertolongan pertama dan bertindak sebagai medis bagi pengunjuk rasa
lainnya yang terluka. Beberapa organisasi seperti National Lawyer's Guild dan ACLU menyediakan bantuan hukum bila terjadi konfrontasi dengan
aparat. Pengunjuk rasa mengaku bahwa media-media massa besar tidak
sungguh-sungguh melakukan liputan, oleh karena itu, sebagian dari mereka
kemudian mendirikan Independent Media Center, sebuah kolektif
pengunjuk rasa yang dapat meliput berita saat aksi sedang berlangsung.
F.8 Demonstrasi dan Pertemuan
Salah
satu protes Antiglobalisasi berskala internasional pertama yang diorganisir di
belasan kota di seluruh dunia pada 18 Juni 1999, terutama London, Inggris dan
Eugene, Oregon. Protes di Eugene, Oregon berubah menjadi kekacauan ketika
kelompok anarkis
lokal menggiring polisi keluar dari sebuah taman kecil. Seorang anarkis, Robert Thaxton ditangkap dan dihukum karena
melemparkan batu ke arah polisi.
Mobilisasi besar yang kedua dari gerakan ini,
dikenal sebagai N30, terjadi pada 30 November
1999, ketika para
pengunjuk rasa menutup pintu masuk delegasi menuju pertemuan WTO di Seattle, AS. Pengunjuk rasa
memaksakan pembatalan upacara pembukaan dan terus bertahan sepanjang pertemuan
sampai 3 Desember. Sebuah aksi besar diijinkan, dilakukan oleh anggota AFL-CIO, dan aksi besar lainnya yang tanpa ijin terbagi dalam
berbagai kelompok. Para pengunjuk rasa dan polisi anti huru-hara Seattle
bentrok di jalan-jalan setelah polisi menembakkan gas air mata pada pengunjuk
rasa yang menutup jalan. Lebih dari 600 pengunjuk rasa telah ditangkap dan
puluhan terluka.
Tiga
orang polisi terluka oleh tembakan sesama polisi, dan satu orang terkena
lemparan batu. Kaum anarkhis Black Bloc menghancurkan jendela toko dari bisnis yang
dimiliki atau yang merupakan waralaba dari perusahaan-perusahaan sasaran
seperti sebuah toko besar Nike dan beberapa jendela Starbucks.
Walikota kemudian menempatkan kota besar itu dalam apa yang setara dengan undang-undang darurat dan mengumumkan jam malam.
Sejak 2002, kota
Seattle telah membayar lebih dari $200.000 dalam penyelesaian tuntutan perkara
terhadap Departemen Polisi Seattle untuk penyerangan dan penangkapan yang tidak
sah, dengan suatu tuntutan class action yang masih menunggu keputusan.
F.9 Reaksi Penegak Hukum
Meskipun
polisi setempat terpana oleh besarnya N30, para penegak hukum telah bereaksi di
seluruh dunia untuk mencegah gangguan terhadap peristiwa-peristiwa di masa
depan dengan berbagai taktik, termasuk dengan mengerahkan jumlah yang sangat
besar, perembesan ke dalam kelompok-kelompok untuk mengetahui rencana-rencana
mereka, dan persiapan-persiapan untuk menggunakan kekerasan untuk menyingkirkan
para demonstran.
Di
sejumlah tempat demonstrasi, polisi telah menggunakan gas air mata, semprotan
cabe, granat yang menyebabkan gegar otak, peluru karet dan kayu, tongkat malam,
meriam air, anjing, kuda, dan sesekali peluru hidup untuk mengusir para
pengunjuk rasa. Setelah protes November 2000 G-8 di Montreal, di
mana sejumlah demonstran dipukuli, diinjak-injak, dan ditangkap dalam apa yang
dimaksudkan sebagai pesta unjuk rasa, diperkenalkanlah taktik memilah-milah
para pemrotes menjadi zona-zona "hijau" (diizinkan),
"kuning" (resminya tidak diizikan tetapi dengan sedikit konfrontasi
dan risiko kecil ditangkap), dan "merah" (melibatkan konfrontasi
langsung).
Di Quebec City,
para pejabat pemerintah kota membangun dinding setinggi 3 m lebih di sekitar
bagian kota tempat berlangsungnya Pertemuan Puncak Negara-negara
Amerika. Hanya penghuni, delegasi ke pertemuan itu, dan beberapa wartawan
yang terakreditasi yang boleh melewatinya. Meskipun polisi mengklaim bahwa
unsur-unsur kekerasan di antara para demonstran harus dihadapi dengan tegas,
mereka konon menembakkan gas air mata dan peluru karet dengan sembarangan,
membubarkan kelompok-kelompok damai dan bahkan tim-tim medis yang membantu
mereka yang terluka. Diklaim pula bahwa mereka melemparkan gas air mata ke
daerah-daerah yang tidak terlibat dalam protes itu, menembakkan dari puncak
gunung tempat berlangsungnya konfrontasi ke kota di bawahnya.
Protes
KTT G8 di Genoa pada 18 Juli hingga 22 Juli 2001 adalah salah satu
protes yang paling berdarah dalam sejarah terbaru Eropa Barat, terbukti dengan
terbunuhnya seorang pemuda penduduk Genoa bernama Carlo Giuliani saat demonstrasi dan dirawatnya
beberapa pengunjuk rasa di rumah sakit. Setelah itu polisi dituduh brutal,
menyiksa, dan menindak terlalu jauh terhadap aksi damai. Beberapa ratus
demonstran dan polisi terluka dan ratusan lainnya ditangkap selama hari-hari
pertemuan G8; kebanyakan dari mereka yang ditangkap kemudian didakwa dengan
pasal "asosiasi kriminal" di bawah undang-undang Anti-Mafia Italia dan Anti-Teroris . Sebagai
bagian dari lanjutan penyelidikan, polisi kemudian menggerebek pusat sosial,
pusat media, gedung-gedung serikat buruh, dan kantor hukum terus berlanjut di
seluruh Italia sejak pertemuan puncak G8 di Genoa. Banyak petugas polisi atau
pejabat terkait yang hadir di Genoa sepanjang pertemuan puncak G8, yang kini
disediliki oleh hakim Italia, dan beberapa di antara mereka mengundurkan diri.
Sejak itu, beberapa orang telah mengakui bahwa mereka menempatkan sejumlah bom Molotov
untuk mengesahkan penggerebekan Sekolah Diaz, serta melaporkan berita bohong
tentang penikaman atas seorang polisi untuk menyudutkan para aktivis [2].
Di seluruh Skotlandia, berbagai macam organisasi seperti jaringan
akar rumput Dissent dan koalisi konservatif besar "make poverty history"
melakukan protes menentang pertemuan G8 yang ke 31, yang berlangsung di Gleneagles pada 2 Juli hingga 8 Juli 2005.
Protes
dimulai akhir pekan sebelumnya dengan demonstrasi Make Poverty History di Edinburgh
dengan sekitar 200.000 orang yang memakai t-shirts putih. Keesokan harinya,
juga terjadi demonstrasi di Glasgow dengan tema Make Borders History yang menyoroti racist
asylum dan politik imigrasi negara-negara G8 dan negara lain yang menutup
perbatasan mereka bagi orang-orang yang ingin melepaskan diri dari kemiskinan
dan penyiksaan politis, dan ini menjadi awal dari tiga konferensi tandingan di Edinburgh.
Hari-hari
berikutnya para pengunjuk rasa menduduki gerbang Faslane, kompleks kapal selam nuklir, karnaval di Edinburg, demonstrasi di Penjara Dungavel, dan ribuan pengunjuk rasa berusaha mendekati
lokasi pertemuan di Gleneagles Hotel. [3]
Petani, buruh migran, dan
aktivis dari Indonesia turut serta dalam rentetan aksi ini. 22 orang pengunjuk
rasa dari Indonesia juga sempat ditangkap dan ditahan.
Federasi Serikat Petani Indonesia
(FSPI) bersama dengan La Via Campesina mengadakan "Konferensi
Rakyat Asia Pasifik untuk Beras dan Kedaulatan Pangan" (The
Asia-Pacific People’s Conference on Rice and Food Sovereignty) yang
diselenggarakan di Jakarta, 14 hingga 18 Mei 2006, bersamaan dengan "FAO Regional Conference for Asia
and the Pacific" yang juga berlangsung di Jakarta.
Konferensi selama lima hari
ini bertujuan terutama untuk menekan FAO agar mengadopsi konsep kedaulatan pangan, menekan pemerintah
untuk tidak melakukan impor beras, dan menyebarkan informasi secara luas
mengenai dampak buruk liberalisasi perdagangan pertanian melalui
GATT dan WTO.
Konferensi ini juga akan membahas tuntas mengenai konsep alternatif dari petani, yakni
kedaulatan pangan (food sovereignty) yang merupakan konsep yang berpihak
kepada petani, dan bukan pada pedagang dan korporasi.
Konferensi
rakyat ini dihadiri oleh 10 organisasi petani anggota La Via Campesina dari 9
negara di Asia Pasifik, 12 serikat petani anggota FSPI dari 12
propinsi di Indonesia,
dan LSM Internasional. Mereka yang hadir antara lain, organisasi petani dari Filipina
(Paragos dan KMP), Thailand (AOP), Korea
Selatan (KPL dan KWPA), Jepang (Nouminren), India (KKRS), Srilangka
(Monlar), Nepal
(ANPA), Banglades
(BKF), Amerika Serikat NCFFC), Indonesia
(FSPI), Timor
Leste (Hasatil) dan Vietnam (VNFU). [5] [6]
[7]
Berbarengan
dengan pertemuan IMF
dan Bank
Dunia di Singapura,
di Batam
dilangsungkan "International Peoples Forum vs the IMF & World
Bank" [8]
[9]
yang dihadiri oleh LSM
dari berbagai negara pada 15-17 September 2006. Pertemuan ini
akan membahas berbagai persoalan global, mulai dari kebijakan Bank Dunia IMF
terhadap negara ketiga. Juga membahas berbagai isu sosial yang merebak di
berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.
Pada
pembukaan pertemuan itu 15 September 2006, diisi dengan pembicara Walden Bello dan Kwik
Kian Gie. Walden Bello merupakan pengamat ekonomi internasional yang
dikenal dengan sikapnya yang kritis terhadap berbagai kebijakan Bank Dunia, WTO dan IMF terhadap
negara ketiga. Seluruh rangkaian rencananya akan berpusat di kompleks Asrama
Haji Batam Centre. [10] [11] [12] [13]
F.10 Forum-forum Sosial Internasional
WSF
menjadi suatu pertemuan berkala: pada 2002 dan 2003 diselenggarakan
kembali di Porto Alegre dan menjadi suatu titik pertemuan bagi protes di
seluruh dunia melawan invasi Amerika ke Irak. Pada 2004 pertemuan
berpindah ke Mumbai
(dahulu dikenal dengan Bombay, di India), agar menjadikan pertemuan ini semakin mudah diakses
oleh populasi dari Asia
dan Afrika.
Pertemuan terakhir ini dihadiri oleh 75.000 delegasi.
Pada
waktu bersamaan, forum-forum regional terselenggara dengan mencontoh WSF,
mengadopsi Charter of Principles. Forum Sosial Eropa (ESF) pertama diselenggarakan
pada November 2002
di Florence.
Semboyannya adalah "Melawan perang, melawan rasisme dan melawan neoliberalisme".
Tercatat keikutsertaan 60.000 delegasi dan diakhiri dengan suatu demonstrasi
anti perang yang sangat besar (melibatkan 1.000.000 orang, menurut
organisator). Dua pelaksanaan ESF lainnya mengambil tempat di Paris dan London,
berturut-turut pada 2003
dan 2004.
Baru-Baru
ini telah ada beberapa diskusi di balik gerakan tentang peran forum-forum
sosial itu. Beberapa pihak melihatnya sebagai sebuah "universitas
rakyat", suatu kesempatan untuk membuat banyak orang sadar akan
permasalahan globalisasi. Yang lainnya lebih suka bila delegasi memusatkan
perhatian pada usaha mereka untuk mengkoordinasi dan mengorganisasi gerakan
serta merencanakan kampanye baru.
F.11 Pengaruh Bagi
Negara-Negara Berkembang
Sebagian
orang mengklaim bahwa di negara-negara maju umumnya yang memiliki tradisi yang
kuat dalam kebebasan berpendapat, pengendalian atas
polisi, hak-hak sipil, dan penegakan hukum, terjadi mobilisasi besar-besaran.
Di negara-negaraini, salah satu tujuannya adalah membuktikan bahwa para
pengunjuk rasa ini lebih dapat mengatur dirinya dibandingkan apabila mereka
dikendalikan dengan kekerasan. Pada 15 Maret 2002
di Barcelona,
250.000 orang "mengadakan kerusuhan" selama beberapa hari tanpa
menimbulkan cedera kepada siapapun pada kedua belah pihak. Dibandingkan kerusuhan sepak bola yang sering terjadi di
Eropa, cedera yang terjadi jauh lebih sedikit. Namun demikian beberapa
kerusakan hak milik pribadi dan masyarakat toh terjadi, yang mestinya dapat dihindari
dalam sebuah unjuk rasa masyarakat.
Di Argentina,
pada krisis ekonomi 2001/2002, jutaan warga
biasa turun ke jalan selama beberapa hari, dengan hasil yang sama dengan protes
di Barcelona, yang hasilnya sejumlah perubahan dalam pemerintahan federal. Pada
19 dan 20 Desember 2001,
kerusuhan di Buenos Aires dan sejumlah kota besar lainnya menyebabkan presiden Fernando de la Rúa yang saat itu berkuasa,
mengundurkan diri, meskipun 32 orang demonstran terbunuh. Pada saat yang sama
dan juga selama 2002, ribuan rakyat kelas menengah turun ke jalan menentang
lembaga-lembaga keuangan dan perusahaan-perusahaan asing sambil memukuli poci
dan panci (hal ini menyebabkan timbulnya istilah cacerolazo), untuk memprotes pembekuan rekening-rekening
bank mereka dalam apa yang disebut corralito.
Pada
bulan-bulan berikutnya, rakyat Argentina mengembangkan sejumlah sistem ekonomi
alternatif, struktur sosial dan sistem pemerintahan otonom sendiri yang
berbasis lingkungan. Slogan yang populer dalam gerakan tersebut adalah ¡Que
se vayan todos! ("Semua keluar [dari pemerintahan]!"),
menunjukkan frustrasi para demonstran bukan hanya terhadap korupsi dalam
pemerintahan, tetapi juga dengan kseluruhan struktur pemerintahan.