1.
Novel
Bekisar Merah
Pengarang :
Ahmad Tohari
Penerbit :
Gramedia Pustaka Utama
Tebal :
309 Halaman
Tokoh :
Lasi, Kanjat, Wiryaji, Eyang Atus, Pak Tir, Bunet (Tukang Pijat)
1.1.
Ringksan
Cerita
Bekisar merupakan sejenis ayam, hasil persilangan antara
ayam hutan dengan ayam piaraan. Keberadaannya cukup langka dan memiliki banyak
keistimewaan. Sejumlah hobiis ayam dan unggas menghargainya demikian tinggi.
Jauh lebih tinggi dari harga masing-masing induknya.
Tetapi novel ini tidak berbicara tentang bekisar dalam
artian sesungguhnya. Novel ini justru berkisah tentang kehidupan Karangsoga,
kampung pembuat gula kelapa; dimana para lelaki memanjat kelapa untuk
memperoleh nira yang dikumpulkan dalam pongkor bambu; sementara para perempuan
menunggu dirumah sembari bersiap memasak nira dalam tungku panas hingga menjadi
gula.
Meskipun
mereka memiliki sendiri pohon kelapa dan memproduksinya hingga menjadi gula,
kehidupan mereka tidak pernah sejahtera. Ini karena mereka tidak mampu
mengakses pasar secara langsung. Gula kelapa dibeli oleh tengkulak, dengan
harga dan timbangan yang menyedihkan. bahan baku maupun tenaga kerja pembuat gula kelapa
tidak dihargai sebagaimana mestinya. Sementara tengkulak, cukong dan jaringan
distribusi lain mengeruk kemakmuran diatas jerih payah orang lain.
Dengan
latar belakang itu, Ahmad Tohari menampilkan tokoh Lasi sebagai sosok sentral.
Keturunan blasteran Jawa – Jepang ini dikisahkan sebagai perempuan paling
cantik diantara sebayanya. Semasa muda, Lasi selalu menjadi olok-olok teman
sekolahnya. Karena matanya yang sipit, berbeda dengan kebanyakan anak
Karangsoga. Tetapi ada satu anak yang tidak ikut menggoda Lasi, bernama Kanjat.
Dua tahun lebih muda, namun pintar dan baik hati, di mata Lasi.
Menginjak
usia dewasa, Lasi kemudian menikah. Ia menjadi istri Darsa, pemanjat yang
memiliki dua belas pohon kelapa. Sekaligus juga keponakan Wiryaji, suami
sambung ibunya. Kehidupan pasangan muda ini berbahagia, meskipun dalam jerat
kemiskinan dan bayangan masa depan tidak menentu. Sampai tiga tahun pernikahan,
mereka belum juga memiliki keturunan.
Suatu
ketika Darsa jatuh dari pohon kelapa, tidak mati tetapi mengalami luka parah,
terus menerus buang air kecil tanpa henti. Dengan sabar Lasi merawatnya. Bahkan
sampai menggadaikan tanah pada tengkulak untuk menutup biaya pengobatan Darsa
di Rumah Sakit. Meskipun Ia tahu konsekuensinya, harga gula
produksinya akan dipermainkan dengan seenak hati oleh tengkulak. Tapi Darsa
belum sembuh benar, terpaksa dibawa pulang karena ketiadaan biaya.
Sampai
di rumah, Darsa kemudian berobat pada dukun pijat, Bunek. Perlahan tapi pasti,
Ia kemudian sembuh. Hingga suatu pagi, Ia mendatangi istrinya bercerita bahwa
Ia sudah tidak ngompol lagi. Sejenak kebahagian dirasakan pasangan muda ini.
Gairah yang sekian lama terpendam dapat disalurkan. Darsa kembali utuh sebagai
lelaki.
Tetapi
disinilah justru permasalahan dan konflik mulai terbangun. Tidak berapa lama
semenjak kesembuhan Darsa. Sipah, anak Bunek meminta pertanggungjawaban. Ia
mengaku hamil oleh perbuatan Darsa. Lasi kemudian kalut, bercampur sedih dan
jengkel karena suami yang dirawat dengan penuh kasih dan pengorbanan semasa
sakit ternyata berbuat tidak semestinya dengan perempuan lain. Lasi kemudian
lari ke Jakarta,
menumpang truk Pardi, tetangganya mengantarkan gula kelapa.
Sebagaimana
sopir kebanyakan, Pardi memiliki sejumlah rumah makan langganan sepanjang
perjalanan menuju Jakarta.
Ia juga punya ’pacar’ di tiap rumah makan yang disinggahi. Lasi kemudian
dititipkan di salah satu rumah makan langganan Pardi untuk diambil kembali
sepulang dari Jakarta.
Lasi diperlakukan dengan sangat baik oleh pemilik rumah makan, Bu Koneng.
Seolah menemukan kedamaian, Ia tidak mau kembali ke Karangsoga. Tetapi tidak
ada kebaikan tanpa pamrih, apalagi di kota besar
seperti Jakarta.
Petualangan
Lasi berlanjut. Karena keluguannya, Ia tidak sadar kalau masuk dalam perangkap
perdagangan perempuan. Lepas dari Bu Koneng,
Ia kemudian dibawa oleh Bu
Lanting, yang terkagum akan kecantikan Lasi. Sekali lagi, Bu Lanting adalah
orang baik di mata Lasi, sementara Lasi berprinsip bahwa ketika menerima
kebaikan seseorang, Ia seperti berhutang sehingga harus dibayar dengan kebaikan
pula. Karena itu ia menurut saja ketika diajak ikut Bu Lanting ke rumahnya.
Perempuan bermata sipit pada masa itu memang sedang tren, mengikuti Pemimpin
Besar Revolusi yang memiliki istri bermata sipit.
Oleh
Bu Lanting, Lasi dipoles sedemikian rupa sehingga menjadi kian cantik. Ia juga
dibiasakan dengan budaya kota, termasuk dalam
hal berpakaian dan gaya
hidup. Sampai dianggap siap, Ia kemudian dikenalkan dengan Handarbeni, lelaki
tua yang sedang mencari perempuan bermata sipit untuk dijadikan istri, entah
keberapa.
Singkat
cerita, Lasi kemudian menikah dengan Handarbeni. Sebuah pernikahan pura-pura,
tanpa makna. Sekedar prestise bagi Handarbeni. Dalam rangka mengurus surat cerai dari Darsa,
Lasi kembali ke Karangsoga sebagai ’sosok berbeda’. Lasi yang sangat kaya dan
kian cantik. Ia bercengkrama kembali dengan sebagian masa lalunya. Bertemu
kembali dengan Kanjat yang sudah menjadi sarjana. Dua insan ini ternyata saling
menyukai. Namun masing-masing harus menjalani takdirnya, Lasi kembali ke Jakarta dan menjalani
pernikahan semu dengan Handarbeni. Sementara hatinya tetap untuk Kanjat.
Novel
ini berakhir dengan tragis, dimana Karangsoga dan penduduknya semakin merana.
Namun tampaknya akhir cerita sengaja digantung oleh penulis, entah demi
kepentingan interpretasi dan imajinasi pembaca atau apa.
1.2.
Makna
Yang Terkandung
a.
Hidup dan kehidupan adalah sebuah perjuangan
yang harus dilakukan oleh semua manusia untuk mencapai suatu tujuan yang
diinginkan demi tercapai dan terpenuhinya kenyamanan dan kesejahteraan hidup
walaupun dalam prosesnya terdapat banyak hambatan tetapi kita jangan berputus
asa dan harus tetap semangat dalam menjalankan kehidupan ini, walaupun seorang
wanita sekalipun.
b.
Kisah perdagangan wanita Orang lugu yang
menerima kebaikan orang lain dan merasa berkewajiban membalasnya. Dia, tanpa
sadar, dan tanpa merasa tertipu atau terintimidasi, masuk dalam alur
perdagangan perempuan yang mengekploitasi kecantikan ragawi semata. Bahkan Lasi
turut menikmati sesuatu yang justru menjadikannya sebagai obyek.