Marah Rusli - Siti Nurbaya
Sinopsis
Seorang
penghulu di Padang
yang bernama Sutan Mahmudsyah dengan isterinya, Siti Mariam yang berasal dari
orang kebanyakan mempunyai seorang anak tunggal laki-laki yang bernama Syamsul
Bahri. Rumah Sutan Mahmudsyah dekat dengan rumah seorang saudagar bernama
Baginda Sulaeman. Baginda Sulaeman yang mempunyai seorang anak perempuan
tunggal bernama Siti Nurbaya. Mereka itu sangat karib sehingga seperti kakak
dengan adik saja.
Pada suatu
hari setelah pulang dari sekolah, Syamsul Bahri mengajak Siti Nurbaya ke gunung
Padang bersama-sama dua orang temannya, yakni Zainularifin, anak seorang jaksa
kepala di Padang yang bernama Zainularifin akan melanjutkan sekolahnya ke
Sekolah Dokter Jawa di Jakarta. Sedang Bahtiar melanjutkan ke Sekolah Opzicther
(KWS) di Jakarta pula. Syamsul Bahri pun akan melanjutkan ke Sekolah Dokter
tersebut. Pada hari yang ditentukan, berangkatlah mereka bertamasya ke Gunung
Padang. Di Gunung Padang itulah Syamsul Bahri menyatakan cintanya kepada Siti Nurbaya
dan mendapat balasan. Sejak itulah mereka itu mengadakan perjanjian akan
sehidup semati.
Pada suatu
hari yang telah ditentukan, berangkatlah Syamsul Bahri melanjutkan sekolahnya
ke Jakarta.
Sekolahnya menjadi satu dengan Zainularifin.
Di Padang
ada seorang orang kaya bernama Datuk Maringgih. Ia selalu berbuat kejahatan
secara halus sehingga tidak diketahui orang lain. Kekayaannya itu didapatnya
dengan cara tidak halal. Untuk itu ia mempunyai banyak kaki tangan, antara lain
ialah Pendekar Tiga, Pendekar empat, dan Pendekar Lima.
Melihat
kekayaan Baginda Sulaeman Datuk Maringgih merasa tidak senang, maka semua
kekayaan Baginda Sulaeman diputuskan akan dilenyapkan. Dengan perantara kaki
tangannya itu, dibakarlah tiga buah toko Baginda Sulaeman, perahu-perahunya
yang penuh berisi muatan ditenggelamkannya.
Untuk
memperbaiki perdagangannya itu, Baginda Sulaeman meminjam uang kepada Datuk
Maringgih sebanyak sepuluh ribu rupiah, karena untuk mengembalikan uang
pinjaman itu ia masih mempunyai pengharapan atas hasil kebun kelapanya. Tetapi
alangkah terkejutnya ketika diketahuinya semua pohon kelapanya sudah tidak
berbuah lagi. Kebun kelapanya itu oleh para kaki tangan Datuk Maringgih diberi
obat-obatan, sehingga pohon kelapanya tidak ada yang berbuah sedikitpun. Disamping
itu, karena hasutan kaki tangan Datuk Maringgih semua langganan yang telah
berhutang kepada Baginda Sulaeman mengingkari hutangnya. Dengan demikian,
tiba-tiba Baginda Sulaeman menjadi orang yang sangat melarat, sehingga ia tidak
dapat membayar hutangnya yang sepuluh ribu rupiah itu. Barang-barangnya masih
ada hanya kira-kira seharga tujuh ribu rupiah.
Karena
Baginda Sulaeman tak dapat membayar utangnya, maka Datuk Maringgih bermaksud
hendak menyita barang-barang milik Baginda Sulaeman, kecuali jika Siti Nurbaya
diserahkan kepadanya sebagai istrinya. Mula-mula Siti Nurbaya tidak sudi tetapi
ketika melihat ayahnya digiring hendak dimasukkan penjara, maka secara
terpaksalah ia mau menjadi istri Datuk Maringgih walaupun sebenarnya hatinya
sangat benci padanya. Selanjutnya kejadian yang menimpa diri ayah dan dirinya
sendiri itu segera diberitahukan oleh Siti Nurbaya kepada Syamsul Bahri di
Jakarta.
Setelah
setahun di Jakarta, menjelang bulan puasa,
pulanglah Syamsul Bahri ke Padang.
Setelah menjumpai orang tuanya semuanya sehat walafiat, pergilah ia ke rumah
Baginda Sulaeman, setelah ia mendengar dari Ibunya bahwa Baginda Sulaeman
sakit. Sesampainya ke tempat yang dituju, dijumpainya Baginda Sulaeman sedang
terbaring karena sakit. Tak lama setelah kedatangan Syamsul Bahri itu,
datanglah Siti Nurbaya karena ayahnya mengharapkan kedatangan. Maka berjumpalah
Syamsul Bahri dengan Siti Nurbaya. Beberapa hari kemudian, bertemu pula Syamsul
Bahri dengan Siti Nurbaya, pertemuan itu terjadi pada malam hari. Kedua asyik
masyuk itu tidak mengetahui bahwa gerak-gerik mereka itu sedang diikuti oleh
Datuk Maringgih beserta kaki tangannya. Karena tak tahan mereka itu menahan
rindunya maka merekapun berciuman. Pada waktu itulah Datuk Maringgih
mendapatkan mereka dan terjadilah percekcokan, karena mendengar kata-kata yang
pedas dari Syamsul Bahri, maka Datuk Maringgih memukulkan tongkatnya
sekeras-kerasnya kepada Syamsul Bahri. Tetapi karena Syamsul Bahri
menghindarkan dirinya sambil menyeret Siti Nurbaya, maka pukulan datuk Maringgih
tidak mengenai sasarannya. Akibatnya tersungkurlah Datuk Maringgih. Dengan
segera Syamsul Bahri menendangnya, dan karena kesakitan, berteriaklah Datuk
Maringgih minta tolong. Mendengar teriakan Datuk Maringgih itulah maka pada
saat itu juga keluarlah Pendekar Lima dari persembunyiannya dengan
bersenjatakan sebilah keris.
Melihat
Pendekar Lima membawa keris itu, berteriaklah Siti Nurbaya sehingga teriakannya
itu terdengar oleh para tetangga dan Baginda Sulaeman yang sedang sakit itu,
karena disangkanya Siti Nurbaya mendapat kecelakaan maka bangkitlah Baginda
Sulaeman dan segera ke tempat anaknya itu. Tetapi karena kurang hati-hati,
terperosoklah ia jatuh, sehingga seketika itu juga Baginda Sulaeman meninggal.
Ia dikebumikan di Gunung Padang.
Pada waktu
Pendekar Lima
hendak menikam Syamsul Bahri, menghindarlah Syamsul Bahri ke samping. Dan pada
saat itu juga ia berhasil menyepak tangan Pendekar Lima, sehingga keris yang
ada di tangannya terlepas. Sementara itu datanglah para tetangga yang mendengar
teriakan Siti Nurbaya tadi. Melihat mereka datang, larilah Pendekar Lima
menyelinap ke tempat yang gelap.
Di para
tetangga yang datang itu, kelihatan pula Sutan Mahmud Syah yang hendak
menyelesaikan peristiwa itu. Setelah ia mendengar penjelasan Datuk Maringgih
tentang soal anaknya itu, maka Syamsul Bahri oleh Sutan Mahmud Syah tanpa
dipikirkan masak-masak lebih dulu lagi. Pada malam hari itu juga secara
diam-diam pergilah Syamsul Bahri ke Teluk Bayur untuk naik kapal pergi ke Jakarta. Pada pagi harinya
ributlah Siti Mariam mencari anaknya. Setelah gagal mencarinya di sana-sini,
maka dengan sedihnya, pergilah Siti Maryam ke rumah saudaranya di
Padangpanjang. Di sana
karena rasa kepedihannya itu, ia menjadi sakit-sakit saja.
Sejak
kematian ayahnya, Siti Nurbaya menujukan kekerasan hatinya kepada Datuk
Maringgih. Ia berani mengusir Datuk Maringgih dan tak mau mengakui suaminya
lagi. Dengan rasa geram hati dan dendam pulanglah Datuk Maringgih ke rumahnya.
Ia berusaha hendak membunuh Siti Nurbaya.
Setelah
peristiwa pertengkaran dengan Datuk Maringgih itu Siti Nurbaya tinggal di rumah
saudara sepupunya yang bernama Alimah. Di rumah itulah Siti Nurbaya mendapat
petunjuk-petunjuk dan nasihat, antara lain ialah untuk menjaga keselamatan atas
dirinya, Siti Nurbaya dinasihati oleh Alimah agar pergi saja ke Jakarta, berkumpul dengan
Syamsul Bahri. Penunjuk dan nasihat Alimah sepenuhnya diterima oleh Siti
Nurbaya dan diputuskannya, akan pergi ke Jakarta bersama Pak Ali yang telah
berhenti ikut Sultan Mahmud Syah sejak pengusiaran diri atas Syamsul Bahri
tersebut. Kepada Syamsul Bahri pun ia memberitahukan kedatangannya itu. Tetapi malang bagi Siti Nurbaya,
karena percakapannya dengan Alimah tersebut dapat didengar oleh kaki tangan
Datuk Maringgih yang memang sengaja memata-matainya.
Pada hari
yang telah ditetapkan, berangkatlah Siti Nurbaya dengan Pak Ali ke Teluk Bayur
untuk segera naik kapal menuju Jakarta.
Mereka mengetahui bahwa perjalanan mereka diikuti oleh Pendekar Tiga dan
Pendekar Lima. Setelah Siti Nurbaya dan Pak Ali naik ke kapal dan mencari
tempat yang tersembunyi sekat Kapten kapal maka berkatalah Pendekar Lima kepada
Pendekar Tiga, bahwa ia akan mengikuti perjalanan Siti Nurbaya ke Jakarta,
sedang Pendekar Tiga disuruhnya pulang untuk memberitahukan peristiwa itu
kepada Datuk Maringgih. Setelah itu Pendekar Lima pun naik ke kapal dan mencari
tempat yang tersembunyi pula.
Pada suatu
saat tatkala orang menjadi ribut akibat ombak yang sangat besar, pergilah
Pendekar Lima
mencari tempat Siti Nurbaya. Setelah ia mendapati Siti Nurbaya, iapun segera
menyeret Siti Nurbaya hendak membuangnya ke laut. Melihat kejadian itu Pak Ali
membelanya, tetapi iapun mendapat pukulan Pendekar Lima dan tak mampu melawannya karena Pendekar
Lima jauh lebih kuat daripadanya. Siti Nurbaya pun berteriak sekuat-kuatnya
sampai ia jatuh pingsan. Teriaknya itu terdengar oleh orang-orang yang ada
dalam kapal, lebih-lebih Kapten kapal itu. Karena takut ketehuan akan
perbuatannya itu, Pendekar Lima lari menyembunyikan dirinya. Siti Nurbaya
akhirnya diangkut orang ke suatu kamar untuk dirawatnya.
Akhirnya
kapal pun tiba di Jakarta.
Di pelabuhan Tanjung Priok, Syamsul Bahri sudah gelisah menantikan kedatangan
kapal yang ditumpangi oleh kekasihnya itu. Setelah kapal itu merapat ke darat,
maka naiklah Syamsul Bahri ke kapal dan mencari Siti Nurbaya. Alangkah
terkejutnya tatkala ia mendengar dari Kapten kapal dan Pak Ali tentang
peristiwa yang terjadi atas diri Siti Nurbaya itu. Dengan diantar Kapten kapal
dan Pak Ali, pergilah Syamsul Bahri ke kamar Siti Nurbaya dirawat. Disitu
dijumpainya Siti Nurbaya yang masih dalam keadaan payah.
Pada saat
itu tiba-tiba datanglah polisi mencari Siti Nurbaya. Setelah berjumpa dengan
Kapten kapal dan Syamsul Bahri, diberitahukan kepada mereka itu bahwa
kedatangannya mencari Siti Nurbaya itu ialah atas perintah atasannya yang telah
mendapat telegram dari Padang, bahwa ada seorang wanita bernama Siti Nurbaya
telah melarikan diri dengan membawa barang-barang berharga milik suaminya dan
diharapkan agar orang itu di tahan dan dikirim kembali ke Padang. Mendengar itu
mengertilah Syamsul Bahri bahwa hal itu tidak lain akal busuk Datuk Maringgih
belaka. Ia pun minta kepada Polisi itu agar hal tersebut jangan diberitahukan
dahulu kepada Siti Nurbaya, mengingat akan kesehatannya yang menghawatirakan
itu. Ia meminta kepada yang berwajib agar kekasihnya itu dirawat dulu di Jakarta sampai sembuh sebelun kembali ke Padang. Permintaan Syamsul Bahri itu
dikabulkan setelah Dokter yang memeriksanya menganggap akan perlunya perawatan
atas diri Siti Nurbaya. Setelah Siti Nurbaya sembuh, barulah diberitahukan hal
telegram itu kepada kekasihnya. Kabar itu diterima oleh Siri Nurbayadengan
senang hati. Ia bermaksud kembali ke Padang
untuk menyelesaikan masalah yang di dakwakan atas dirinya. Setelah permintaan
Syamsul Bahri kepada yang berwajib agar perkara kekasihnya itu diperiksa di
Jakarta saja tidak dikabulkan, maka pada hari yang ditentukan, berangkatlah
Siti Nurbaya ke Padang dengan diantar oleh yang berwajib. Dalam pemeriksaan di Padang ternyata bahwa Siti
Nurbaya tidak terbukti melakukan kejahatan seperti yang telah didakwakan atas
dirinya itu. Karena itulah Siti Nurbaya di bebaskan dan disana ia tinggal di
rumah Alimah
Pada suatu
hari walaupun tidak disetujui Alimah, Siti Nurbaya membeli kue yang dijajakan
oleh Pendekar Empat, kaki tangan Datuk Maringgih. Kue yang sengaja disediakan
khusus untuk Siti Nurbaya itu telah diisi racun. Setelah penjaja kue itu pergi,
Siti Nurbaya makan kue yang baru saja dibelinya. Setelah makan kue itu terasa
oleh Siti Nurbaya kepalanya pening. Tak lama kemudian Siti Nurbaya meninggal
secara mendadak itu, terkejutlah ibu Syamsul Bahri, yang pada waktu itu sedang
menderita sakit keras, sehingga menyebabkan kematiannya. Kedua jenajah itu
dikebumikan di Gunung Padang
disamping makam Baginda Sulaeman.
Kabar
kematian Siti Mariam dan Siti Nurbaya itu juga dikawatkan kepada Syamsul Bahri
di Jakarta. Membaca telegram yang sangat menyedihkan itu, Syamsul Bahri
memutuskan untuk bunuh diri. Sebelum hal itu dilakukannya ia menulis surat kepada guru dan kawan-kawannya, demikian pula kepada
ayahnya di Padang,
untuk minta dari berpisah untuk selama-lamanya. Kemudian dengan menyaku sebuah
pistol, pergilah ia ke kantor pos bersama Zainularifin untuk memasukan surat. Kabar yang sangat menyedihkan
itu dirahasiakan oleh Syamsul Bahri sehingga Zainularifin pun tidak
mengetehuinya. Sesampainya ke kantor pos Syamsul Bahri minta berpisah dengan
Zainularifin sengan alasan bahwa ia hendak pergi ke rumah seorang tuan yang
telah dijanjikannya. Zainularifin memperkenankannya, tetapi dengan tak setahu Syamsul Bahri, ia
menikuti gerak-gerik sahabatnya itu, karena mulai curiga akan maksud sahabatnya
itu.
Pada suatu
tempat di kegelapan, Syamsul Bahri berhenti dan mengeluarkan pistolnya dan
kemudian menghadapkan ke kepalanya. Melihat itu Zainularifin segera mengejarnya
sambil berteriak. Karena teriakan Zainularifin itu, peluru yang telah meletus
itu tidak mengenai sasarannya. Akhirnya kabar tentang seorang murid Sekolah
Dokter Jawa Di Jakarta yang berasal dari Padang
telah bunuh diri itu tersiar kemana-mana melalui surat kabar. Kabar itu sampai di Padang dan di dengar oleh
Sutan Mahmud dan Datuk Maringgih.
Karena
perawatan yang baik, sembuhlah Syamsul
Bahri, ia minta
kepada yang berwajib agar berita mengenai dirinya yang masih hidup itu
dirahasiakan setelah itu Syamsul Bahri berhenti sekolah. Karena ia menginginkan
mati, ia pun menjadi serdadu (tentara). Ia dikirim kemana-mana antara lain ke
Aceh untuk memadamkan kerusakan-kerusakan yang terjadi di sana. Karena keberaniannya, makan dalam waktu
sepuluh tahun saja pangkat Syamsul Bahri dinaikan menjadi Letnan dengan nama
Letnan Mas.
Pada suatu
hari Letnan Mas bersama kawannya bernama Letnan Van Sta ditugasi memimpin anak
buahnya memadamkan pemberontakkan mengenai masalah balasting (pajak).
Sesampainya di Padang dan sebelum terjadi pertempuran, pergilah Letnan Mas ke
makam ibu dan kekasihnya di Gunung Padang.
Dalam
pertempuran dengan pemberontak itu, bertemulah Letnan Mas dengan Datuk
Maringgih yang termasuk sebagai salah satu pemimpin pemberontak itu. Setelah
bercekcok sebentar, maka ditembaklah Datuk Maringgih oleh Letnan Mas, sehingga
menemui ajalnya. Tetapi sebelum meninggal Datuk Maringgih masih sempat
membalasnya. Dengan ayunan pedangnya, kenalah kepala Letnan Mas yang
menyebabkan ia rebah. Ia rebah di atas timbunan mayat, dan yang antara lain
terdapat mayat Pendekar Empat dan Pendekar Lima. Kemudian Letnan Mas pun
diangkut ke rumah sakit. Karena dirasakannya bahwa ia tak lama lagi hidup di
dunia ini, maka Letnan Mas minta tolong kepada dokter yang merawatnya agar
dipanggilkan penghulu di Padang yang bernama Sutan Mahmud Syah, karena
dikatakannya ada masalah yang sangat penting. Setelah Sutan Mahmud Syah datang,
maka Letnan Mas pun berkata kepadanya bahwa Syamsul Bahri masih hidup dan
sekarang berada di Padang untuk memadamkan pemberontakan, tetapi kini ia sedang
dirawat di rumah sakit karena luka-luka yang dideritanya. Dikatakannya pula
kepadanya, bahwa Syamsul Bahri sekarang bernama Mas, yakni kebalikan dari kata
Sam, dan berpangkat Letnan. Akhirnya disampaikan pula kepada Sutan Mahmud Syah,
bahwa pesan anaknya kalau ia meninggal, ia minta di kebumikan di gunung Padang diantara makam Siti
Nurbaya dan Siti Maryam. Setelah berkata itu, maka Letnan Mas meninggal.
Setelah
hal itu ditanyakan oleh Sutan Mahmud Syah kepada dokter yang merawatnya,
barulah Sutan Mahmud Syah mengetahui bahwa yang baru saja meninggal itu adalah
anaknya sendiri, yakni Letnan Mas alias Syamsul Bahri. Kemudian dengan upacara
kebesaran, baik pihak pemerintah maupun dari penduduk Padang, dinamakanlah
jenazah Letnan Mas atau Syamsul Bahri itu diantara makam Siti Maryam dan Siti
Nurbaya seperti yang dimintanya.
Sepeninggal
Syamsul Bahri, karena sesal dan sedihnya maka meninggal pula Sutan Mahmud Syah
beberapa hari kemudian. Jenazahnya dikebumikan didekat makam isterinya, yakni
Siti Maryam. Dengan demikian di kuburan gunung Padang terdapat lima makam yang
berjajar dan berderet, yakni makam Baginda Sulaeman, Siti Nurbaya, Syamsul
Bahri, Siti Maryam dan Sutan Mahmud Syah.
Beberapa
bulan kemudian berziarahlah Zainularifin dan Baktiar telah lulus dalam ujiannya
sehingga masing-masing telah menjadi dokter san opzichter.
Kutipan
“Arifin,
aku belum menceritakan penglihatanku tadi malam, kepadamu, bukan?” kata Syamsul
Bahri kepada sahabatnya, pada keesokan harinya daripada malam Nurbaya kena
racun, kira-kira pukul dua siang, tatkala mereka itu pulang dari rumah
tempatnya membayar makan.
“Penglihatan
apa, Sam?” tanya Arifin.
“Ajaib
benar! Sampai kepada waktu ini belum habis kupikirkan, karena belum juga
kuketahui, apa itu dan apa maksudnya?”
“Cobalah
ceritakan,” kata Arifin pula.
“Sebagai
biasa,” kata Samsu,” pukul sepuluh malam, pergilah aku tidur. Kira-kira pukul
dua belas, dengan tiada kuketahui apa sebabnya, tiba-tiba terbangunlah aku
dengan terperanjat, seperti apa yang membangunkan. Tatkala kubuka mataku,
kelihatan olehku dekat meja tulisku, sesuatu bayang-bayang putih, berdiri di
belakang kursiku. Sangatlah terperanjat aku, ketika melihat bayang-bayang itu,
sebab pada sangkaku, ia pencuri atau penjahat yang telah masuk ke dalam
bilikku,”
“Tetapi
kalau pencuri atau penjahat, mengapakah berpakaian putih?” kata Arifin.
“Itulah
sebabnya maka terpikir pula olehku, barangkali aku bermimpi; lalu kupijitlah pahaku,
beberapa kali. Akan tetapi, tatkala telah nyata benar kepadaku, bahwa aku tiada
tidur lagi, barang yang putih itu masih kelihatan juga.”
“Barangkali
pemandangan tiada benar,” kata Arifin, yang belum hendak percaya hendak
hilang.”
“Oleh
sebab itu, kugosoklah mataku beberapa lamanya; tetapi yang putih itu tek hendak
hilang.”
“Barangkali
engkau takut atau tatkala hendak tidur, banyak mengingat perkara setan dan
hantu; jadi segala yang kau lihat, rupanya sebagai setan,” sehut Arifin pula.
“Engkau
tahu sendiri, Arifin, aku tiada penakut kepada segala yang demikian. Lagipula,
tatkala baru saja kubuka mataku, telah kelihatan bayang-bayang yang putih itu
olehku. Betapa orang yang baru bangun tidur akan takut, jika tiada bermimpi
yang dahsyat!”
“Bagaimana
bentuknya?” tanya Arifin, yang rupanya mulai percaya akan cerita Samsu ini.
“Sebagai
manusia, berkepala, berbadan, bertangan, dan berkaki,” sahut Samsu,” serta
memakai pakaian sutra putih yang jarang.”
“Sebagai
manusia?” tanya Arifin yang mulai merasa takut, walaupun hari pada waktu itu
pukul dua siang dan orang penuh di jalan besar, “Hih! Seram buluku mendengar
ceritamu.”
“Sesungguhnya,”
jawab Samsu. “Melihat hal yang ajaib ini, meskipun berapa beraniku, berdebar
juga hatiku dan sejurus lamanya, tidaklah tahu aku, apa yang hendak kuperbuat.
Hendak berteriak, malu rasanya. Lagipula suaraku tak hendak keluar, sebagai
dicekik orang. Hendak berdiri, badan dan kaki berat rasanya. Dibiarkan saja,
takut kalau-kalau dianiaya aku. Walaupun kuberanikan hatiku, badanku serasa
kembang dan punggungku sebagai terkena air dingin.”
“Sudah
itu?” tanya Arifin, yang makin bertambah-tambah takut.
“Tatkala
kuamat-amati benar bayang-bayang yang putih itu, kelihatanlah mukanya seperti
muka Nurbaya.”
“Nurbaya?”
tanya Arifin dengan heran.
“Ya, tak
ada ubahnya; hanya wajah mukanya pucat sedikit. Sebab itu meskipun hatiku masih
khawatir, dapatkah juga kuberanikan diriku, akan mengeluarkan perkataanku, lalu
bertanya,” Siapa ini?”
“Dan apa
jawabnya?” tanya Arifin dengan lekas.
“Tak
apa-apa. Ia diam saja dan tidak pula bergerak-bergerak dari tempatnya.”
“Kemudian?”
tanya Arifin pula.
“Kemudian
melompatlah aku, hendak mengambil pistolku dari dalam lemari dan sudah itu,
hendak kudekati dia. Tetapi tatkala itu juga hilanglah bayang-bayang itu; entah
kemana perginya tiada kuketahui.”
“Betul
berani engkau,” kata Arifin.
“Tatkala
itu datanglah takutku dan menolehlah aku ke segenap tempat kalau-kalau
dicekiknya aku dari belakang. Tatapi tak kelihatan suatu apa lagi. Lalu
kupasanglah lampu dan kuambil pistolku dari dalam lemari. Ketika itu barulah
berani aku memaksa aku kesana kemari, ke bawah tempat tidur, ke bawah mwja dan
ke belakang lemari, tetapi suatu pun tiada kelihatan, sedang jendela dan pintu
pun masih terkunci.”
“Jika aku
bertemu yang denikian, tentulah aku menjerit minta tolong, kalau masih dapat,
berteriak. Kalau tidak tentulah aku akan kaku di sana juga, karena ketakutan.”
“Setelah
kututup lampu itu dengan keras, supaia terangnya jangan kelihatan dari luar dan
kutaruh pistolku dibawah bantalku, berbaringlah aku. Tetapi sesudah itu
tiadalah aku dapat tidur lagi; pertama karena takut akan didatanginya kembali
dalam tidurku, kedua memikirkan penglihatan yang ajaib itu. Apakah itu adalah
takdir! Itulah setan atau hantu!”
“Tetapi
kalau hantu, mengapakah rupanya serupa dengan Nurbaya? Yang menjadi hantu itu,
bukankah kata orang yang sudah mati, kata orang?” jawab Arifin.
“Sesungguhnya,
seumur hidupku, baru kali itu aku melihat bayang-bayang yang demikian,” jawab
Samsu, yang sekali-kali tiada mengira, bahwa Nurbaya talah mati.”Bukan mimpi
tetapi sebenar-benarnya penglihatan itu.”
“Sungguh
ajaib penglihatanmu itu. Tetapi kuharap janganlah aku sampai bertemu dengan
penglihatan yang serupa itu; takut dapat celaka.”
“Karena
tak dapat tidur lagi, terkenanglah aku akan Nurbaya dan Ibuku. Negri dan
kampung halamanku kita, serta timbulah hasrat yang amat dalam hatiku, hendak
pulang meneui mereka sekalian dan menyesallah aku, tiada dapat pergi
mengantarkan Nurbaya pulang ke Padang,
baru-baru ini. Belun pernah keinginan hatiku hendak pulang sekeras tadi malam.
Dimukaku terbayang pula segala kesukaan dan kesusahan, yang telah kurasai,
sejak kita berjalan-jalan ke Gunung Padang. Nakin ku ingat nurbaya, maki kuatir
hatiku dan makin terasa pula olehku alpa dan lengahku, melepaskan dia seorang
diri, kembali kedalam mulut harimau itu. Terkadang-kadang khawatir hatiku itu
menimbulkan perasaan, sebagai benar Nurbaya mendapat celaka.”
“Ah,
masakan begitu! Tak berapa lama lagi, tentulah ia di sini. Jika tada, baik kau
jemput saja; perkaranya tentulah selesai,” jawab Arifin.
“Maksudku
demikian juga. Kalau hari Sabtu yang akan datang ini belum juga sampai kemari,
tentulah akan kujemput sendiri ke Padang.”
Dengan
bercakap-cakap demikian, tibalah kedua mereka di rumah Sekolah Dokter Jawa,
lalu terus menuju bilik masing-masing. Sejurus kemudian daripada itu,
datanglahseorang opas pos membawa dua helai surat kawat, untuk Syamsul Bahri.
Ditanyakannya kepada Arifin, di mana Syamsul Bahri, lalu ditunjukan oleh Arifin
bilik sahabatnya ini.
“Tatkala
Arifin, setengah jam setelah itu, pergi ke bilik Samsu, hendak menanyakan surat kawat apakah yang
ditarimanya tadi sua dekali, kelihatan olehnya pintu dan jendela bilik itu
telah tertutup. Pada sangkanya, Samsu tentulah telah tidur, untuk melepaskan
kantuknya, karena kurang tidur semalam. Oleh sebab ia tiada hendak mengganggu
sahabatnya itu, ditunggunyalah sampai Samsu bangun kembali.
“Maksud
Samsu sebelum menerima kedua surat
kawat tadi, sesungguhnya hendak pergi tidur; jendelanya pun telah ditutupnya.
Setelah diterimanya surat itu, ditutupnyalah
pula pintunya, karena hendak membaca kabar itu seorang diri; lebih-lebih,
karena kedua surat
kawat itu sangat memberi khawatir hatinya.
“Dari
siapakah kabar kawat ini, dan bagaimanakah bunyinya?” katanya dalam hati.” O,
barangkali dari Nurbaya, memberitahu ia akan datang kemari.
“Tetapi
yang sebuah lagi, dari siapa pula?” Demikianlah pertanyaan yang timbul dalam
hatinya.
Sambil
berpikir-pikir demikian, dibukanyalah kedua surat kawat itu dengan tangan yang gemetar.
Setelah dibacanya kedua surat itu, jatuhlah ia
pingsan, tiada kabar darinya, sebab kedua surat
itulah yang membawa kabar kematian Nurbaya dan ibunya.
Berapa
lamanya ia terbaring pingsan itu, tiadalah diketahuinya. Ketika ia sadarkan
dirinya pula, adalah halnya seperti seorang yang gila, tak dapat berpikir dan
berkata-kata. Menangis pun tiada kuasa, sebagai tak berair lagi matanya.
Sesudah termenung sejurus lamanya, diambilnya kertas, dan kalam, lalu
ditulisnya sepucuk surat
kepada ayahnya.
Dikutip
dari Novel Siti Nurbaya hal 215 – 217,
Analisis
Intrinsik
1.
Tokoh dan
Penokohan
1)
Samsul Bahri sebagai
pelaku utama (Tokoh Protagonis): anak Sultan Mahmud Syah (penghulu di Padang), wataknya: Orangnya
pandai, tingkah lakuya sopan dan santun, halus budibahasanya, dapat dipercaya,
gigih, penyayang, dan setiakawan.
2)
Siti Nurbaya sebagai
pelaku utama (Tokoh Protagonis): anak Bginda Sulaeman (saudagar kaya di Padang), wataknya: Lemah
lembut, penyayang, tutur bahasanya halus, sopan dan santun, baik hati, setia
kawan, patuh terhadap orang tua.
3)
Datuk Maringgih sebagai
pelaku utama (Tokoh Antagonis), laki-laki yang berwatak kikir, picik,
penghasud, kejam, sombong, bengis, mata keranjang, penipu, dan selalu
memaksakan kehendaknya sendiri.
4)
Sultan Mahmud Syah
sebagai pelaku tambahan (Toloh Protagonis), Ayahnya Samsul Bahri yang berwatak:
Bijaksana, sopan, ramah, adil, penyayang.
5)
Siti Maryam sebagai
pelaku tambahan (Tokoh Protagonis), berwatak: Bijaksana, sopan, ramah, adil,
penyayang.
6)
Baiginda Sulaeman
sebagai pelaku tambahan (Tokoh Protagonis), berwatak: Bijaksana,sopan, ramah,
adil, penyayang.
7)
Zainularifin sebagai
pelaku tambahan (Tokoh Protagonis), temannya Samsul Bahri yang berwatak:
Tingkah lakunya sopan dan santun, halus budi bahasanya, dapat dipercaya, gigih,
penyayang, dan setiakawan.
8)
Bakhtiar sebagai pelaku
tambahan (Tokoh Protagonis), temannya Samsul Bahri yang berwatak:
Tingkahlakunya sopan dan santun, halus budibahasanya, dapat dipercaya, gigih,
penyayang, dan setiakawan.
9)
Alimah sebagai pelaku
tambahan (Tokoh Protagonis), saudaranya Siti Nurbaya, yang bewatak lemah
lembut, santun setiakawan, bijaksana.
10)
Pak Ali sebagai pelaku
tambahan (Tokoh Protagonis).
11)
Pendekar Tiga sebagai
pelaku tambahan (Tokoh Antagonis)
12)
Pendekar Empat sebagai
pelaku tambahan (Tokoh Antagonis)
13)
Penekar Lima sebagai
pelaku tambahan (Tokoh Antagonis)
14)
Dokter sebagai pelaku
tambahan (Tokoh Protagonis)
2.
Tema
Novel “
Siti Nurbaya” ini bertemakan sosial, moral, dan egois. Tema yang terkandung
dalam novel ini yaitu; “Satu percintaan antara dua remaja yang tidak dapat
berakhir dengan pernikahan karena penghianatan seseorang yang hanya
mementingkan kekayaan dunia dan hawa nafsu.
3.
Amanat
Amanat
yang terkandung dalan novel “Siti Nurbaya” yaitu diantaranya adalah sebagai
berikut :
1)
Kita hendaknya jangan
terlalu di kuasai oleh perasan dengan tidak mempergunakan pikiran yang sehat
karena akan berakibat hilangnya keperibadian yang ada pada diri kita.
2)
Jika hendak memutuskan
sesuatu hendaklah pikirkan masak-masak lebih dulu agar kelak tidak menyesal.
3)
Siapa yang berbuat
jahat tentu akan mendapat balasan kelak sebagai akibat dari perbuatan itu.
4.
Latar atau Seting
Latar atau
Seting ini terdiri atas dua bagian yaitu : latar waktu dan latar tempat. Latar
tempat dalam novel “Siti Nirbaya” diantaranya: di sekolah, di kota
Padang,di kota Jakarta, di Kebun Kelapa,
di rumah, di halaman rumah, di kantor pos. Latar waktu: sekitar tahun 1920-an.
5.
Plot/Alur
Dari segi
penysunan peristiwa atau bagian-bagian yang membentuk, cerita dari novel “Siti
Nurbaya” menggunakan plot kronologis atau progresif, yang lebih dikenal dengan
Alur Maju. Jadi cerita novel “Siti Nurbaya” ini ceritanya benar-benar dimulai
dari eksposisi, komplikasi, klimaks, dan berakhir dengan pemecahan masalah.
Pengarang menyajikan ceritanya secara terurut atau secara alamiah. Artinya
urutan waktu yang urut dari peristiwa A,B,C,D dan seterusnya.
6.
Sudut Pandang
Sudut
pandang yag digunakan oleh pengarang movel “Siti Nurbaya” ini yaitu sudut
pandang diaan-mahatahu. Pengarang berada di luar cerita hanya menjadi
seorang pengamat yang maha tahu dan bahkan mampu berdialog langsung dengan
pembaca.
7.
Gaya Penulisan
Gaya penulisan yang di gunakan masih menggunakan gaya bahasa dan sastra
lama yang menggunakan ejaan tempo dulu, sehingga mengharuskan adanya pemahaman
yang lebih dalam agar makna dalam novel tersebut dapat dipahami.
A. Kaitan Karya Sastra Novel dengan
Tema pada Zamannya
Cerita
dalam novel ini menceritakan tentang kelicikan tuan tanah dalam memonopoli
perdagangan tanah. Cerita dalam novel ini berkaitan pada masa itu banyak
terjadi peristiwa kelicikan yang dilakukan oleh para tuan tanah, sehingga pengarang
memunculkan ide novel tersebut sebagai sajian yang menarik.