KOMUNITARIANISME
Komunitarianisme
sebagai sebuah kelompok yang terkait, namun berbeda filsafatnya, mulai muncul
pada akhir abad
ke-20, menentang aspek-aspek dari liberalisme,
kapitalisme
dan sosialisme
sementara menganjurkan fenomena seperti masyarakat sipil. Komunitarianisme tidak dengan
sendirinya memushi liberalisme in dalam pengertian katanya di Amerika saat ini,
namun penekanannya berbeda. Paham ini mengalihkan pusat perhatian kepada
komunitas dan masyarakat serta menjauhi individu. Masalah prioritas, entah pada
individu atau komunitas seringkali dampaknya paling terasa dalam
masalah-masalah etis yang paling mendesak, seperti misalnya pemeliharaan kesehatan, aborsi, multikulturalisme,
dan hasutan.
G.1 Terminologi
Meskipun
istilah komunitarianisme berasal dari abad ke- 20, kata ini berasal dari
istilah komunitarian tahun 1840-an, yang diciptakan oleh Goodwyn Barmby untuk merujuk kepada orang yang
menjadi anggota atau penganjur dari suatu masyarakat yang komunalis. Penggunaan istilah ini di masa modern
mendefinisikan ulang pengertian aslinya. Banyak penganjur komunitarian yang
menelusuri filsafat mereka kepada para pemikir yang lebih awal. Istilahnya
sendiri pada dasarnya digunakan dalam tiga pengertian:
1. Komunitarianisme filosofis menganggap liberalisme klasik secara ontologis dan epistemologis
tidak koheren, dan menentangnya dengan alas an-alasan tersebut. Berbeda dengan
liberalisme klasik, yang memahami bahwa komunitias berasal dari tindakan
sukarela individu-individu dari masa pra-komunitas, komunitarianisme menekankan
peranan komunitas dalam mendefinisikan dan membentuk individu. Kaum
komunitarian percaya bahwa nilai komunitas tidak cukup diakui dalam teori-teori
liberal tentang keadilan.
2. Komunitarianisme ideologis adalah sebuah ideologi tengah
yang radikal, yang menekankan komunitas, dan kadang-kadang ditandai oleh paham kirinya dalam
masalah-masalah ekonomi dan konservatisme dalam masalah-masalah sosial.
Penggunaan istilah ini diciptakan baru-baru ini. Bila istilahnya menggunakan
huruf besar, maka kata ini biasanya merujuk kepada gerakan Komunitarian
Responsif dari Amitai Etzioni dan para filsuf lainnya.
3. Hukum komunitarian, juga dikenal sebagai acquis
communautaire, merujuk kepada seluruh kumpulan hukum yang diakumulasikan
dalam organisasi-organisasi supra nasional seperti misalnya Uni Eropa.
G.2 Komunitarianisme
Filosofis
Para
filsuf komunitarian terutama prihatin dengan masalah-masalah ontologis dan
epistemologis, jadi berbeda dengan masalah-masalah kebijakan. Tanggapan
komunitarian terhadap buku John Rawls, A Theory of Justice mencerminkan
ketidakpuasan terhadap citra yang disajikan Rawls tentang manusia sebagai
individu yang atomistik. Meskipun Rawls memungkinkan ruang untuk belas kasih (benevolence),
misalnya, ia memandanganya semata-mata sebagai salah satu dari banyak nilai
yang ada di dalam kepala seseorang.
Kaum
komunitarian mengklaim nilai-nilai dan keyakinan yang ada di ranah publik, di
mana perdebatan berlangsung. mereka mengatakanb Paulus menjadi seorang individu
berarti mengambil sikap dalam masalah-masalah yang beredar di ranah publik.
Misalnya, di Amerika Serikat perdebatan tentang politik senjata api, ada sejumlah sikap yang
harus diambil, namun semua sikap ini pertama-tama mempradugakan keberadaan
suatu perdebatan politik senjata api; ini adalah suatu pengertian di mana
komunitas ada sebelum individualisme.
Demikian
pula, baik tradisi-tradisi linguistik maupun non-linguistik dikomunikasikan
kepada anak-anak dan menjadi latar belakang bagi perumusan dan pemahaman
keyakinan individu. Ketergantungan individu terhadap anggota-anggota komunitas
biasanya dimaksudkan bersifat deskriptif. Ini tidak berarti bahwa individu
harus menerima keyakinan-keyakinan mayoritas, seperti misalnya keyakinan
historis bahwa perbudakan dapat diterima, ia harus melakukannya dengan
alasan-alasan yang masuk akal di dalam komunitas yang bersangkutan (misalnya,
alasan-alasan keagamaan Kristen, alasan-alasan yang berasal dari konsepsi
Pencerahan tentang hak-hak asasi manusia) dan bukan semata-mata alasan lama
manapun.
Dalam
pengertian ini, penolakan terhadap suatu keyakinan mayoritas mengandalkan
tradisi yang mendalam dari keyakinan-keyakinan mayoritas lainnya. Namun
demikian, pengertian yang sebaliknya, pengertian terobosan yang, seperti
misalnya astronomi Kepler atau Galileo, dikembangkan oleh seorang individu dalam arah yang
berlawanan dengan 'keyakinan-keyakinan mayoritasyang tradisional', yang hingga
saat itu tidak pernah dibahas dalam literatur komunitarian.
Para
penulis berikut ini mempunyai kecenderungan-kecenderungan komunitarian dalam
pengertian filsafati, namun semuanya telah berusaha keras untuk menjauhkan diri
dari ideology politik yang dikenal sebagai komunitarianisme, yang dibahas lebih
jauh di bawah ini.
· Christos Yannaras – seorang filsuf dan teolog
Yunani yang gagasannya cenderung pada komunitarianisme dari perspektif teologis
dan ontologis.
G.3 Komunitarianisme
ideologis
G.4 Filsafat Komunitarian
G.5 Modal sosial
Mulai
pada akhir abad ke-20, banyak penulis mulai mengamati kemerosotan dalam
jaringan sosial di Amerika Serikat. Dalam bukunya Bowling Alone, Robert Putnam mengamati bahwa hampir setiap bentuk
organisasi sipil telah mengalmai penurunan dalam jumlah keanggotaan yang
diperlihatkan oleh kenyataan bahwa, meskipun lebih banyak orang yang bermain
boling daripada pada tahun 1950-an, jumlah liga boling yang ada makin
berkurang.
Hasil
dari penurunan dalam "modal sosial" ini, yang digambarkan oleh Putnam
sebagi "nilai kolektif dari semua 'jaringan sosial' dan kecenderungan-kecenderungan
yang muncul dari jaringan-jaringan ini untuk melakukan sesuatu untuk
sesama". Menurut Putnam dan para pengikutnya, modal sosial adalah sebuah
komponen penting dalam pembangunan dan pemeliharaan demokrasi.
"Banyak tujuan sosial... membutuhkan
kemitraan antara kelompok-kelompok publik dan privat. Meskipun tidak berusaha
menggantikan komunitas-komunitas lokal, pemerintah mungkin perlu
memberdayakannya melalui strategi-strategi dukungan, termasuk pembagian
penghasilan dan bantuan teknis. Ada
kebutuhan besar untuk studi dan percobaan dengan penggunaan struktur-struktur
masyarakat sipil dan kerja sama publik-swasta, secara kreatif khususnya dalam
hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan, pendidikan dan pelayanan
sosial."
G.6 Hak-hak
Positif
Yang
utama bagi filsafat dari banyak kaum komunitarian adalah konsep tentang hak-hak positif; artinya, hak-hak atau jaminan-jaminan
untuk hal-hal tertentu. Hak-hak tersebut mencakup antara lain pendidikan
gratis, perumahan yang terjangkau, lingkungan hidup yang aman dan bersih,
pemeliharaan kesehatan yang universal, jaringan pengaman social, atau bahkan
hak untuk mendapatkan pekerjaan. Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, biasanya
mereka mendukung program-program pengaman sosial, pendidikan umum yang gratis,
program-program pekerjaan publik, dan hokum-hukum yang membatasi hal-hal
seperti pencemaran lingkungan dan pengendalian senjata api.
Suatu
keberatan yang lazim dikemukakan ialah bahwa dengan memberikan hak-hak seperti
itu, mereka melanggar hak-hak negatif warga negara; artinya hak-hak untuk
"tidak" mengalami sesuatu. Misalnya, mengambil uang dalam bentuk
pajak untuk membiayai program-program seperti itu seperti yang dilukiskan di
atas membuat individu tidak memiliki properti. Para
penganjur hak-hak positif menjawab bahwa tanpa masyarakat, individu tidak akan
memiliki hak "apapun", jadi wajarlah bila mereka harus memberikan
kembali kepada masyarakat.
Lebih
jauh mereka berpendapat bahwa tanpa hak-hak positif, hak-hak negatif dijadikan
tidak relevan. Misalnya, apakah artinya hak untuk memiliki pers bebas di dalam
suatu masyarakat yang memiliki tingkat melek huruf 15 %? Selain itu, sehubungan
dengan pajak, kaum komunitarian "memahami hal ini bukan terutama dalam
arti dimanfaatkan demi tujuan-tujuan orang lain, melainkan lebih sebagai cara
untuk menyumbang demi tujuan-tujuan komunitas yang saya anggap sebagai
tujuan-tujuan saya sendiri" (Sandel, Liberalism and the Limits of Justice,
143). Alternatifnya, sebagian orang mengakui bahwa hak-hak negatif dapat
dilanggar oleh tindakan pemerintah, namun mengatakan bahwa hal itu dapat
dibenarkan bila hak-hak positif yang dilindungi mengalahkan hak-hak negatif
yang dilangar.
Para
komentator lainnya, tidak harus kaum komunitarian, berpendapat bahwa
"hak-hak negatif" sendiri identik dengan hak-hak positif dalam
praktik, karena hak untuk tidak mengalami sesuatu menyiratkan hak untuk
dilindungi dari orang-orang yang mungkin akan melakukan sesuatu atas diri kita
- dan perlindungan ini pada dasarnya sama dengan suatu hak positif.
Apa
yang dimaksud dengan “hak alamiah” adalah hal yang diperdebatkan dalam politik
modern; misalnya, apakah pemeliharaan kesehatan yang universal dapat dianggap
sebagai hak sejak lahir, ataukah seberapa jauh pemerintah dapat bertindak untuk
melinungi lingkungan hidup.
G.7 Perbandingan
dengan Filsafat-Filsafat Politik Lainnya
Templat : Titik masuk ideologi
politik Komunitarianisme tidak dapat digolongkan kiri atau kanan, dan
memang banyak yang mengklaim bahwa paham ini mewakili golongan tengah radikal. Kaum liberal di Amerika atau kaum demokrat sosial di Eropa pada umumnya menganut
posisi komunitarian dalam masalah-masalah yang berkaitan dengan ekonomi,
seperti misalnya kebutuhan akan perlindungan lingkungan hidup dan pendidikan
publik, tetapi tidak untuk masalah-masalah budaya. Kaum komunitarian dan
konservatif pada umumnya sepakat dalam masalah-masalah budaya, seperti misalnya
dukungan untuk pendidikan watak dan program-program yang berbasis keagamaan,
namun kaum komunitarian tidak menganut paham kapitalisme laissez-faire
yang umumnya dianut oleh kaum konservatif.