Generasi Pertama.
Tabung
hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer
generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube)
digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari
kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan
mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain
yang berfungsi sebagai pendingin
Dan
dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi
besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia
yang pertama yakni ENIAC sesai dibuat.
Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan
berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu
ruangan kelas tersendiri. Pada
gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik
pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan
tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts
Sifat-sifatnya:
- Program
dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan
dalam memori komputer. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan
menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
- Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas
- Memerlukan banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas
- Prosesnya relatif lambat
- Kapasitas untuk menyimpan data kecil.
- Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL
- Contoh mesin; ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC
Generasi Kedua
Transistor
merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas
tiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan "emmiter". Transistor
merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan
mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya
(resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi.
Dengan
demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai
komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya:
tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian,
komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah
Pada
tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan
transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer
IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial
yang memanfaatkan transistor.
Komputer
ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang
bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang
dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular.
Sifat-sifatnya:
- Program dibuat dengan Assembly Language, FORTRAN, ALGOL dan COBOL
- Ukurannya relatif kecil
- Tidak banyak mengeluarkan panas
- Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk untuk menyimpan data
- Mulai mengenal Tele Processing (time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai kokmputer secara bersama-sama)
- Proses relatif lebih cepat
- Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar.
- Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data Corporation), NCR
-
Contoh mesin; IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM 7094),
UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400,
PDP 1 & 5
UNIVAC III
Generasi Ketiga
Konsep
semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang
untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya
berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium
yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah
yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri
khas komputer generasi ketiga.
Cincin
magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara satu arah ataupun
berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi "ON" ataupun "OFF" yang
kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan
biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada setiap bidang memory
terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit
informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip
tunggal dengan bentuk yang sangat kecil.
IBM S-360 merupakan komputer pertama yang menggunakan IC dan diperkenalkan pada tahun 1964 seperti nampak pada gambar disebelah.
Komputer
yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968
oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core
memory seperti yang nampak pada gambar.
Sifat-sifatnya:
- Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
- Sudah
menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih
dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan
- Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
- Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
- Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi
- Prosesnya sangat cepat
- Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.
- Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR
- Contoh mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.
HONEYWELL 200
Generasi keempat
Microprocessor
merupakan ciri khas komputer generasi ke-empat yang merupakan pemadatan
ribuan IC kedalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan
kemampuan yang semakin meningkat meningkat dan harga yang ditawarkan
juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer
personal. Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan
microprocessor pertama serie 4004.
Contoh
generasi ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve
Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada
circuit board komputer. Disamping itu, kemudian muncul TRS Model 80
dengan processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 menggunakan 64Kb
RAM standard.
Komputer
Apple II-e yang menggunakan processor jenis 6502R serta Ram sebesar 64
Kb seperti halnya pada gambar disebelah, juga merupakan salah satu
komputer PC sangat popular pada masa itu. Operating Sistem yang
digunakan adalah: CP/M 8 Bit. Komputer ini sangat populer pada awal
tahun 80-an.
IBM
mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981 seperti
yang nampak pada gambar, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16
Bit. Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan
komputer lainnya, disamping teknologinya jauh lebih baik serta nama
besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang sangat singkat komputer
ini menjadi sangat popular.
Sifat- sifatnya:
- Komponen
elektronikanya dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai
memperkenalkan VLSI (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan
dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap
chip
- Mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network)
- Program dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL
- Ukurannya relatif lebih kecil
- Sudah menerapkan Multi Programming dan Multi Processing
- Mengenal DataBase Management System (DBMS).
- Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL
-
Contoh mesin; IBM (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT & XT, IBM PS/2),
HONEYWELL 700, BURROGHS 600, CRAY I, CYBER, PC Aplle II, COMMODORE PC
Generasi Kelima (Sejak tahun 1982)
- Komputer
generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum
banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang
- Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI
- Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
-
Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence /
Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan
komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah
laku manusia.
Sifat-sifatnya:
- Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri
- Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
- Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis
- Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya
- Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan
-
Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan
mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.
Prosedur menghidupkan komputer adalah sebagai berikut:
- Pastikan kabel2 sudah terpasang dengan baik dan benar pada komputer anda
- Pasangkan kabel ke stop kontak
- Tekan tombol ON pada penstabil tegangan, CPU, dan monitor
-
Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan proses Booting, yaitu
suatu proses ketika komputer mendeteksi hard disk, floppy disk, drive,
CD-ROM, dan CPU(Memory, Clock, RAM, dsb)
-
Setelah itu muncul kotak dialog untuk mengisi username dan password.
Apabila anda menggunakan sistem Windows 98, Windows NT atau Windows XP
dan tidak akan menggunakan sistem jaringan, Klik cancel pada kotak
dialog password. Proses ini dalam jaringan dikenal sebagai proses
otorisasi.
- Setelah proses
otorisasi muncul dekstop. Pada tahap inilah komputer siap digunakan dan
anda dapat menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan.
Prosedur mematikan komputer adalah sebagai berikut:
1. Simpan document dan tutup semua program yang aktif.
2. Bila system operasi yang digunakan MS Windows, klik start lalu klik “turn off computer”
3. klik ok, maka komputer akan mati secara otomatis.
4. Tekan tombol OFF pada monitor dan penstabil tegangan.
HARDWARE
Secara
fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu
sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama
membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi,
akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik.
Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras
(hardware).
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
komponen
dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage.
Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah
microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control
section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage
external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic
tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan
komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai
komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal
ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
Unit Masukan ( Input Device )
Unit
ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam
suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang
diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan
personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse
adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Selain
itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau
permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar
sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel,
dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses
file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input
device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem
ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan
informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer
dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input
berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan
maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data
yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan
data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
-
Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses
oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light
pen, digitizer graphics tablet, scanner.
-
Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu
sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched
card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu
pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna)
untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher
Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan
oleh perusahan Remington.
Keyboard
yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973,
keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104
tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port,
yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
1. Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY, dibuat berdasarkan layout mesin tik. Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. Keyboard
QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan
terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan
pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik). Meskipun tata letak QWERTY sangat luas pemakaiannya, tetapi memiliki beberapa kelemahan dan ketidakefisienan. Misalnya, 48 persen dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan. Hanya 32 persen ketukan yang dilakukan pada home row (baris awal dari posisi jari pada keyboard). Beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan (56 persen). Contoh
paling nyata dari ketidakefisienan tata letak QWERTY adalah pengetikan
huruf ‘a’ yang cukup sering dipakai, tetapi harus dilakukan oleh jari
kelingking yang paling lemah.
2. Keyboard DVORAK
Keyboard
DVORAK (1932), dimana susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga
tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan
kiri. Selain itu, tata letak Dvorak dirancang
agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa
mengurangi kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik). Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak QWERTY.
3. Keyboard KLOCKENBERGKeyboard
ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada,
yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan).
Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan
dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai
tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga
terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan
bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang.
4. Keyboard Maltron
Tak
seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak
cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari
diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan
membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada
dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika
manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard
biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal
ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress
Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang
akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini,
Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak
menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik
sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.
5. Keyboard CHORD
Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan
suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya
kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan
singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang
diinginkan Kecepatannya tinggi Kurang populer, karena pada pemakaian
yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.
6. Keyboard Alphabetik
Tombol-tombol yang ada pada keyboard alphabetik disusun persis
seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya
berurutan seperti pada urutan alphabet. Keyboard alphabetik juga tidak
dapat menyaingi popularitas tata letak QWERTY, tetapi biasanya banyak
ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajar mengenal huruf
alphabet. Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak
ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak
seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan.
7. Keyboard NumericUntuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar, orang lebih suka menggunakan tombol numerik (
numeric keypad) yang tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan tangan.
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini
mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian
yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama
dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya
sebagaimana berikut :
• Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan
menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf
besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf
akan menjadi kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri
atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka
tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati
maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini
terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari
program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan
mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.
Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key,
untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
b. Mouse
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI
(Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device
mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan
pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian
besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi
pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak
ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)
dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang
ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan
ini akan diabaikan.
Selain
itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag)
yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil
digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin
ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua
kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click)
sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan
(right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse
ps/2, usb dan wireless.
Gambar 2.12 Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan
notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini
dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model
unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Touch Pad Track Ball Pointing Stick
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi
dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor
yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,
dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik
setiap baris per detik.
Gambar Light Pen
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick
biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk
kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol
yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Gambar Joy Stick dan Paddle Games
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini
adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di
supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi
produk yang dijualnya dengan barcode.
Gambar Barcode Reader
Gambar Barcode
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau
menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori
komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk
ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy,
perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas
sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih
dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan
kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa
digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer.
Scanner
yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer
adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer)
pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu
sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner
yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau
photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical
Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk
teks.
Gambar Scanner
Saat
ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark
Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi
lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk
pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab
menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti
pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu
menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital
dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan
cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari
kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan
alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital
tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil
dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam
bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.
Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai
dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti
halnya video.
Kamera Digital
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang
akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada
orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini
tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk
menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan
suara.
Gambar headphone
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan
bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics
Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek
pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama,
menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai
bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan
membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface).
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat
X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive
pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan
kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
Peralatan Proses (Process Device)
Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device).
Unit pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi
CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat
menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit
pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau
processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC.
Fungsi utama dari CPU bekerja dengan aritmatika dan logika terhadap
data yang terdapat dalam memori atau yang dimasukkan melalui unit
masukkan seperti keyboard, scanner, atau joystick. Kecepatan processor
atau CPU ini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock cycles. Saat
ini, komputer memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1 Giga
Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt.
Perkembangannya processor yang pertama kali muncul tahun 1990-an
adalah pentium dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya
sudah mencapai 3 Giga Hertz lebih dengan processor Pentium IV. Seiring
dengan kecepatan Pentium IV, telah pula diperkenalkan processor dengan
teknologi mobile yaitu Centrino (Pentium M – Centrino) jenis processor
ini baru terdapat pada komputer-komputer built up, laptop, notebook.
Saat ini, processor yang terbaru adalah Dual Core (Core Duo). Processor
ini memiliki dua kecepatan giga hertz seperti memiliki dua processor.
Beberapa produsen processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix.
CPU bekerja berdasarkan instruksi suatu software, atau instruksi suatu
program.
a. ALU ( Arithmetical Logical Unit )
Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang
berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU
terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi. Tugas utama
dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang
terjadi sesuai dengan instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALU
ini disebut dengan adder karena operasi yang dilakukan dengan dasar
penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi
sesuai dengan instruksi program yaitu operasi logika (logical
operation).
Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :
* Sama dengan (=)
* Tidak sama dengan ( <> )
* Kurang dari ( < ) * Kurang atau sama dengan dari ( <= ) * Lebih besar dari ( > )
* Lebih besar atau sama dengan dari ( >= )
b. CU ( Control Unit )
Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian
terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan
(output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal
yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur
kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan
ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan
atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU.
Dengan demikian tugas dari Control Unit ini adalah :
- Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
- Mengambil instruksi-instruk dari memori utama
- Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses
- Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
- Menyimpan hasil proses ke memori utama.
Fungsi peralatan yang terdapat dalam CPU dibagi menjadi 3 Macam yaitu :
a. Peralatan Proses ( Process Storage)
Peralatan Proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu
pemrosesan data. Yang termasuk peralatan proses adalah sebagai berikut.
Processor
Komponen
kecil ini adalah inti atau otak dari sebuah komputer dan dalam komponen
ini juga seluruh perhitungan matematis yang sangat rumit dilakukan,
sehingga dengan kata lain kecepatan, kehandalan, dan kompabilitas
komputer ditentukan oleh processornya. Ada beberapa produsen processor untuk komputer seperti Intel, AMD, dan lain-lain.
Motherboard
Motherboard merupakan papan utama dan komponen terbesar yang terdapat dalam sebuah process deviceperipheral seperti Processor, Memory, VGA CardMotherboard terdiri dari berbagai komponen, diantaranya Soket Processor, Chipset, Slot RAM, Slot Ekspansi, dan sebagainya. yang berfungsi sebagai tempat umtuk memasang berbagai dan lain-lain.
Display Adapter
Salah satu peralatan yang terpasang pada Motherboard adalah display controller adapter. Alat ini berfungsi untuk menghubungkan dan mengolah output yang berupa data agar dapat ditampilkan ke layar monitor komputer. Sampai saat ini Display Adapter telah mengalami banyak perkembangan, mulai dari MDA(monochrome display adapter) untuk monitor teks monokrom, kemudian CGA (color graphics adapter)EGA (enhanced graphics adapter) yang lebih baik dari CGAVGA (video graphics adapter). Ada empat tipe bus yang biasa digunakan oleh VGAcard yaitu: untuk monitor teks berwarna dilanjutkan dengan dan yang terakhir adalah
a) ISA (Industry Standard Architecture)
b) VL-bus (VESA Local Bus)
c) PCI (Peripheral Component Interconnect)
d) AGP (Accelerated Graphic Port).
Sound Card
Alat ini berfungsi untuk memproses output berupa suara dan musik yang kemudian diteruskan pada speaker. Sound card juga dapat digunakan sebagai alat input untuk joystick yang digunakan untuk bermain game, dan sound card bukan hanya digunakan untuk bermain game, tetapi juga menyemarakkan berbagai aplikasi multimedia seperti program pendidikan, pengajaran dan program presentasi.
NIC (Network Interface Card)
NIC atau biasa disebut dengan card LAN (Local Area Network),
saat ini telah menjadi suatu peralatan standar, khususnya bagi
pendidikan dan perkantoran yang telah menerapkan sistem jaringan sebagai
salah satu upaya memperdayakan komputer secara menyeluruh. Fungsi card LAN adalah untuk menghubungkan antara dua atau lebih komputer agar dapat saling berkomunikasi satu sama lain.
Register
Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan
sebagai memori internal processor. Register merupakan memori yang
mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama.
Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang
diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang
menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.
Cache memori
Merupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
ROM ( Read Only Memory)
Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM
adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak
bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile).
ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.
Sebagian perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa
instruksi atau syntax-syntax. Misalnya, untuk melihat isi file dengan
perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan
CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati listrik, file
pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam ROM disebut
dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software
dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau
rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu
pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat
dirubah.
Selain ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali
yaitu PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram
satu kali dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis
lain yang disebut dengan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram
kembali berulang-ulang. Dan jenis yang disebut EEPROM (Electrically
Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat dihapus secara
elektronik dan dapat deprogram kembali.
RAM ( Random Access Memory )
Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah
menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara. Sifat
sementara ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data yang
berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik yang
ketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam
disket atau harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. Bila
terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang,
Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
- Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
- Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
- Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan menyimpan hasil pengolahan.
-
Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan
data yang akan ditampilkan ke alat output. Berdasarkan struktur RAM
tersebut, data yang diinput ke dalam sistem komputer akan ditampung ke
dalam input storage, bila data dalam bentuk instruksi program maka akan
dimasukkan ke dalam program storage, dan bila dalam bentuk data dan
hasil pengolahan data maka akan dimasukkan ke working storage, kemudian
sebelum data akan ditampilkan atau output maka akan disimpan ke dalam
output storage.
Terdapat beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :
1. FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory), RAM yang paling
pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer,
dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori
jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.
2. EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis ini
memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data
dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72
pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single
Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz
3. BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.
4. SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini
memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM
adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM).
Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.
5. RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini
memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer
dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin.
Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan
hingga 800 MHz.
6. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis
ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD
RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini
mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah
184 pin, bentuknya adalah RIMM
Peralatan Keluaran (Output Device)
Output Device
adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau memperoleh hasil
pengolahan data atau perintah yang telah dilakukan oleh komputer. Contoh
komponen output device sebagai berikut :
1) Monitor
Monitor merupakan alat output
yang paling umum dan berfungsi untuk melihat hasil pengolahan data pada
layar baik berupa karakter, gambar maupun warna. Secara umum monitor terbagi dua jenis yaitu :
a) Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
Monitor CRT memiliki layer yang terbuat dari tabung hampa, sama
seperti tabung telivisi hal ini membuat monitor CRTmemiliki ukuran
relative besarbila dibandingkan dengan monitor LCD
2. Monitor Layar Datar (Flat Panel Display)
Menurut jenisnya Layar datar terbagi atas : LCD, EL dan Plasma.
Monitor Layar LCD memanfaatkan dua keeping bahan yang terpolarisasi
dengan ditambah cairan krystal diantara kepingan tersebut. sinyal
listrik yang dilewatkan melalui melalui cairan kristal akan membuat
kristal di dalamnya akan mencengat cahaya yang lewat
2) Printer
Printer berfungsi untuk mencetak output yang dikeluarkan oleh Process Device. berdasarkan teknologi pencetakannya prnter dikelompokkan menjadi :
1. Impact
Printer jenis ini sering disebut hammer, karena pencetakannya
delakukan dengan memukul sekelompok pin (jarum) ke pita tinta. letak pin
sangat berdekatan sehingga membuat tampilan huruf relatif tidak
terputus. Jumlah pin berkisar antara 9 hingga 24 pin, semakin banyak
junlah pin maka semakin halus tulisannya, keunggulan printer ini
terletak pada kemampuan mencetak dengan kertas rangkap yang tidak bisa
dilakukkan printer lain, yang termasuk printer jenis ini diantaranya :
- Dot Matrix (printer yang menggunakan kepala cetak berupa sekumpulan pin)
- Daisy Wheel (printer yang menggunakan roda yang berisi karakter-karakter)
- Line Printer ( printer yang mencetak satu baris perwaktu)
2. Thermal
Printer thermal merupakan pilihan terbaik bagi keluaran yang cetakan
berwarna dengan kualitas tinggi. Cetakan berwarna printer thermal
memerlukan kertas berlapis lilin atau parafin, dan panas akan membakar
titik-titik pada kertas khusus tersebut sehingga hasil cetakannya pun
bagus. Untuk cetakan hitam putih, printer thermal tidak memerlukan
kertas khusus bisa dengan kertas biasa
3. Ink-Jet
Printer Ink-Jet adalah printer yang memberikan cetakan dengan cara
menyemprot titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas cetakan,
printer ini bisa digunakan untuk cetak berwarna atau hitam putih,
mencetak pada kertas biasa atau pad plastic untuk bahan presentasi
4. Laser
Printer Laser yang memberikan hasil yang terbagus, printer ini
dirancang untuk komputer Mainframe karena memiliki kecepatan sekitar 229
hal per menit, sedangkan untuk komputer PC dengan kecepatan 4 sampai 25
hal per menit.
5. Multifungsi
Printer multifungsi merupakan jenis printer yang memiliki berbagai
fungsi, misalnya digunakan untuk : fotocopy, scanner, bahkan ada bisa
untuk fax
3) Plotter
Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang membedakan secara umum adalah ukuran dan kegunaan dari plotter tersebut. Plotter mampu mencetak pada kertas dengan ukuran A0 dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.
4) Proyektor LCD
Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok. Alat ini biasanya digunakan sebagai alat bantu saat presentasi dan rapat maupun sebagai media pembelajaran. Selain dihubungkan ke komputer, alat ini dapat juga dihubungkan ke VCD/ DVD player sehingga dapat difungsikan sebagai home theater. Ukuran kekuatan sinar yang dipancarkan proyektor LCD proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan ANSI lumens. Semakin besar ANSI lumens, semakin tinggi pula intensitas cahaya yang dipancarkan suatu proyektor LCD.
5) Speaker
Fungsi speaker pada komputer pada dasarnya sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem, yang membedakan secara garis besar hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat.
Peralatan Penyimpanan (Backing Storage/Storage Device)
Storage Device berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data secara permanen. Contoh komponen storage device yaitu :
Harddisk
Harddisk atau harddrive adalah media penyimpanan yang terletak di dalam kotak CPU.
Alat ini memiliki piringan keras yang terbuat dari logam di dalamnya sehingga disebut
cakram keras. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson, pada
1956. Pada saat itu hardisk terdiri dari 50 piringan dengan ukuran 0,6 meter, memiliki
kecepatan 1.200 rpm (rotation per minutes) dan kapasitas 4,4 MB (4,4 juta byte). Kapasitas
yang terbilang sangat kecil untuk ukuran saat ini. Kapasitas penyimpanan harddisk pada masa sekarang rata-rata adalah mulai dari 10 Gb, 20 Gb, 40 Gb dan 160 Gb.
Perkembangan hardisk begitu pesat. Dari ukuran 0,6 meter menjadi hanya 0,6 centimeter,
dari kapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB (terabyte atau 1 trilyun byte) dengan
kecepatan hingga 10.000 rpm. Saat ini hardisk tidak hanya ditempatkan di dalam kotak
CPU, tetapi juga dijadikan external drive dengan koneksi USB atau Firewire.
CD/DVD-ROM
CD/DVD-ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD. Pada
awalnya alat ini hanya bisa membaca data saja. Perkembangan teknologi membuat
CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada cakram CD atau DVD. CD-ROM
atau DVD-ROM yang sanggup menulis ke cakram CD/DVD disebut CD writer atau DVD
writer. Secara fisik antara Cdrom dengan DVDrom sama. Hanya saja kemampuannya yang
berbeda. DVDrom sanggup membaca data cakram cd. Namun sebaliknya Cdrom tidak
sanggup membaca cakram DVD. Kapasitasnya biasanya mencapai 700 MB.
USB flashdisk
Media penyimpanan USB flashdisk lebih populer disebut flashdisk. Bentuknya kecil
dengan port USB di ujungnya untuk menghubungkan diri dengan komputer. Kapasitas
penyimpanan data sebuah flashdisk cukup besar, mulai dari ratusan megabyte hingga
beberapa gigabyte. Sekarang bahkan mencapai 64 GB. Ukuran yang kecil dan sifatnya yang mudah dibawa membuat flashdisk
menjadi peralatan wajib bagi pengguna komputer yang harus sering memindahkan data.
Disket
Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur
(floopy). Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB, membuat disket tidak banyak lagi
digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.
46 Fungsi dan Proses Kerja Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Optical disk Optical disk atau yang sering disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan
berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya.
Secara fisik, CD dan DVD sangatlah mirip. Namun kapasitas penyimpanan data keduanya
terpaut jauh. CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu
menyimpan data hingga 4,7 GB, bahkan 17 GB.
Periferal
Kartu jaringan (Network Interface Card)
NIC atau Network Interface Card adalah kartu jaringan yang berfungsi menghubungkan
satu komputer dengan komputer lain. Ada dua jenis kartu jaringan, yaitu kartu jaringan
yang menyatu dengan mainboard (onboard) dan kartu jaringan yang harus ditambahkan
pada slot PCI yang terdapat pada mainboard.
Modem
Modem berfungsi menghubungkan satu komputer ke komputer lain atau ke Internet
melalui jalur telepon. Modem yang merupakan singkatan dari modulator demodulator
mampu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Pada umumnya,
modem memiliki kecepatan 56 kbps. Ada dua jenis modem yang banyak kita jumpai, yakni
modem internal dan modem eksternal. Modem internal adalah modem yang terpasang pada
mainboard komputer di dalam kotak CPU, sementara modem eksternal adalah modem
yang dihubungkan melalui port USB atau port serial dan terletak di luar kotak CPU.
Hub
Hub atau disebut juga switch hub adalah sebuah alat yang digunakan sebagai terminal
jaringan komputer yang menggunakan kabel UTP. Jumlah port yang dimiliki hub
bervariasi, mulai dari 8, 12, 16, 24 hingga 32 port. Semakin banyak port yang dimiliki
suatu hub, semakin banyak pula komputer yang dapat dihubungkannya.
UPS
UPS atau Uninterupted Power Supply adalah sebuah alat yang berfungsi memberikan
tenaga listrik cadangan pada saat listrik PLN tiba-tiba padam. Dengan UPS, komputer
masih akan tetap hidup selama beberapa saat ketika listrik padam sehingga kita
berkesempatan menyimpan file dan mematikan komputer melalui prosedur yang benar.
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Perangkat Lunak (software)
merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk
menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program
yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software
sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat
keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa
mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan
menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil
yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
- Mengidentifikasi program
- Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
- Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Macam-macam Perangkat Lunak
Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
- Sistem Operasi (Operating System),
- Program Aplikasi (Application Programs),
- Bahasa Pemrograman (Programming Language),
- Program Bantu (Utility)
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem
Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja
yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel
pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi
berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan
perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi
adalah :
- Menyimpan program dan aksesnya
- Membagi tugas di dalam CPU
- Mengalokasikan tugas-tugas penting
- Merekam sumber-sumber data
- Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
- Memeriksa kesalahan sistem
- Multitugas pada OS/2″, Windows ‘95″, Windows ‘98″, Windows NT”, /2000/XP
- Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
2. Program Aplikasi (Aplication Programs)
Program
Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan
tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja,
program presentasi, design grafis, dan lain-lain.
3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat
lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan
instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa
mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
- Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
- Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah
dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris.
Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
- Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan
bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented
Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi,
Visual C++
4. Program Bantu (Utility)
Perangkat
Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi
pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya
memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
- Norton Utility
- Winzip
- Norton Ghost
- Antivirus
By:http://moejie.blogspot.com